Internasional

Kim Jong Un 'Ngamuk' Lagi, Korut Tembak Rudal Balistik

News - Tommy Patrio Sorongan, CNBC Indonesia
19 October 2021 13:25
Korea Utara melakukan uji coba nuklir, negeri itu meluncurkan rudal hipersonik. (AP/Lee Jin-man)

Jakarta, CNBC IndonesiaKorea Utara (Korut) dilaporkan menembakkan setidaknya satu rudal balistik di lepas pantai timurnya pada hari Selasa (19/10/2021). Hal ini dilaporkan oleh otoritas Korea Selatan (Korsel) dan Jepang.

Mengutip pemberitaan Channel News Asia,Kepala Staf Gabungan Korsel (JCS) melaporkan satu rudal balistik diluncurkan sekitar pukul 10.17 waktu setempat dari sekitar Sinpo. Di wilayah ini, negeri pimpinan Kim Jong Un itu juga menyimpan kapal selam serta peralatan untuk uji tembak rudal balistik yang diluncurkan kapal selam (SLBM).


"Militer kami memantau situasi dengan cermat dan menjaga postur kesiapan dalam kerja sama erat dengan Amerika Serikat (AS), untuk mempersiapkan kemungkinan peluncuran tambahan," kata JCS dalam sebuah pernyataan.

Perdana Menteri (PM) Jepang Fumio Kishida juga mengatakan bahwa dua rudal balistik telah terdeteksi. Tokyo menyesalkan tindakan Pyongyang yang telah melakukan serangkaian uji coba rudal dalam beberapa pekan terakhir ini.

Lebih lanjut, peluncuran ini sendiri dilakukan saat ratusan perusahaan internasional dan militer internasional berkumpul di Seoul untuk upacara pembukaan Pameran Dirgantara dan Pertahanan Internasional (ADEX).

Kegiatan ini menjadi pameran pertahanan terbesar Korsel dengan menampilkan pesawat tempur generasi berikutnya, helikopter serang, drone, dan senjata canggih lainnya, serta roket ruang angkasa dan desain kedirgantaraan sipil.

Korut sendiri terus mengejar program pengembangan senjatanya meski menghadapi situasi ekonomi yang semakin sulit karena blokade virus corona. Dalam laporan terbaru PBB, negara itu dilaporkan masih melakukan pengembangan rudal dan nuklirnya.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Wow! Kim Jong Un Nonton Debus, Tentara Korut Telanjang Dada


(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading