Internasional

9 Kali Sepanjang 2022, Korut Tembak Rudal Balistik Lagi

News - Teti Purwanti, CNBC Indonesia
06 March 2022 13:24
People watch a TV screen showing a news program reporting about North Korea's long-range cruise missiles tests with images in Seoul, South Korea, Monday, Sept. 13, 2021. North Korea says it successfully test fired newly developed long-range cruise missiles over the weekend, its first known testing activity in months, underscoring how it continues to expand its military capabilities amid a stalemate in nuclear negotiations with the United States. The letters read,

Jakarta, CNBC Indonesia - Korea Utara (Korut) kembali melakukan uji senjata Sabtu (5/3/2022) waktu setempat. Ini merupakan yang kesembilan di tahun 2022.

Korut menembakkan misil yang diyakini rudal balistik ke arah laut di sebelah timur semenanjung Korea. Ini hanya beberapa hari sebelum pemilihan presiden Korea Selatan.


Peluncuran itu menuai kecaman dari pemerintah di Amerika Serikat (AS), Korea Selatan (Korsel), dan Jepang. Mereka khawatir Korut sedang bersiap untuk melakukan uji coba senjata besar-besaran dalam beberapa bulan mendatang.

Dengan pembicaraan denuklirisasi terhenti, Korut memang melakukan sejumlah rekor peluncuran rudal pada Januari. Setelah jeda hampir sepanjang Februari, negara itu melanjutkan tes dengan peluncuran pada 27 Februari.

"Langkah signifikan di mana Koreut mengembangkan teknologi peluncuran misilnya bukanlah sesuatu yang dapat diabaikan oleh negara kita dan wilayah sekitarnya," kata Menteri Pertahanan Jepang Nobuo Kishi setelah peluncuran terbaru, dikutip CNBC International pada Minggu (6/3/2022).

Di Korsel warga mengutuk hal tersebut. Penembakan rudal balistik berulang yang belum pernah terjadi sebelumnya disebut bertentangan dengan perdamaian dan stabilitas di Semenanjung Korea.

"Korsel akan memantau lebih dekat fasilitas nuklir dan rudal Korea Utara termasuk fasilitas reaktor nuklir utamanya di Yongbyon dan sisi uji senjata nuklir Punggye-ri, kata NSC," kata kantor kepresidenan, Gedung Biru.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Kim Jong Un 'Ngamuk' Lagi, Korut Tembak Rudal Balistik


(sef)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading