Anak Buah Xi Jinping Bantah China Uji Coba Rudal Hipersonik!

News - Tommy Patrio Sorongan, CNBC Indonesia
18 October 2021 19:42
Ilustrasi bendera China. AP/

Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah China buka suara soal tuduhan bahwa Negeri Tirai Bambu melakukan peluncuran rudal hipersonik dalam rangka uji coba. Mereka menyebut tuduhan itu tidak tepat.

"Tes ini adalah tes pesawat ruang angkasa rutin, digunakan untuk menguji teknologi pesawat ruang angkasa yang dapat digunakan kembali," kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri China Zhao Lijian seperti diwartakan Reuters, Senin (18/10/2021).

"Ini bisa memberikan cara yang nyaman dan murah bagi manusia untuk menggunakan ruang angkasa untuk tujuan damai," lanjutnya.



Per Sabtu (16/10/2021), Financial Times melaporkan China telah meluncurkan rudal berkemampuan nuklir pada bulan Agustus lalu. Rudal itu dikabarkan mengelilingi bumi pada orbit rendah sebelum menuju kepada target.

Rudal hipersonik sendiri saat ini dikembangkan oleh China, Amerika Serikat (AS), Rusia, Korea Utara (Korut), dan empat negara lainnya. Rudal itu diketahui dapat terbang lebih dari lima kali kecepatan suara. Selain itu, rudal tersebut juga mampu mengirimkan hulu ledak nuklir tanpa mampu terlacak.

Namun, rudal hipersonik hanya mampu untuk terbang pada lintasan rendah di atmosfer dan tidak bisa menanjak ke luar angkasa. Kemampuan semacam itu hanya dapat dilakukan oleh rudal balistik.



[Gambas:Video CNBC]

(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading