Terungkap! Biden Telepon Xi Jinping Bahas Asal Usul Covid-19

News - Anisatul Umah, CNBC Indonesia
12 September 2021 15:15
Lambang China dan Bendera Amerika Serikat (AS)

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden berdiskusi melalui telepon dengan Presiden China Xi Jinping membahas asal usul Covid-19. Mengutip dari Reuters, Minggu, (12/09/2021), Gedung Putih menyebut panggilan tersebut dilakukan, Kamis (9/9/2021).

Juru Bicara Gedung Putih Jen Psaki membenarkan asal usul Covid-19 menjadi salah satu topik yang dibahas. Namun, dia tidak bisa menyampaikan lebih jauh terkait hal tersebut.

Bulan lalu, Biden menyampaikan bakal menekan China untuk segera mendapatkan jawaban atas asal usul dari pandemi Covid-19 yang sudah menewaskan 4,8 juta orang di seluruh dunia. Sementara Beijing membantah tuduhan AS kalau China tidak bekerja sama dalam menyelidiki sumber pandemi.

Perbincangan dua kepala negara adidaya itu berlangsung selama 90 menit. Ini menjadi pembicaraan pertama bagi mereka setelah dalam tujuh bulan kedua negara ini memiliki hubungan yang dingin.



Sementara itu, seorang pejabat AS menyampaikan kepada Reuters, Biden tidak memiliki rencana untuk melakukan pembalasan pada China jika Negeri Tirai Bambu menolak bekerja sama dalam penyelidikan dan masalah lainnya.

Di sisi lain, Xi mengatakan kepada Biden kalau kedua negara harus menghormati masalah inti masing-masing dan mengelola perbedaan dengan benar. Demikian laporan kantor berita resmi China, Xinhua.

Xi juga disebut memberi saran kepada Biden bahwa kedua negara harus melanjutkan kontak, dialog, dan bekerja sama dalam masalah-masalah lain seperti pengendalian epidemi dan pemulihan ekonomi, serta masalah-masalah internasional, dan regional utama seperti perubahan iklim.

Psaki menggambarkan perbincangan yang dilakukan oleh kedua kepala negara ini menjunjung rasa hormat dan jujur. Tidak ada yang menggurui atau merendahkan. Semua itu ditujukan agar saluran komunikasi bisa saling terbuka antarkedua negara.

Masalah iklim dan hak asasi manusia juga menjadi topik yang dibicarakan. Masalah ekonomi juga turut dibahas meski bukan menjadi yang utama.



[Gambas:Video CNBC]

(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading