Internasional

Makin Panas! China Bawa Bomber ke Zona Identifikasi Taiwan

News - Thea Fathanah Arbar, CNBC Indonesia
06 September 2021 07:41
Jet tempur China Chengdu J-20. (Wikimedia Commons)

Jakarta, CNBC Indonesia - Hubungan Taiwan dan China kembali memanas. Taiwan kembali melaporkan aktivitas militer China di zona identifikasi pertahanan udara wilayah itu, Minggu (5/9/2021).

Dilansir dari Reuters, Kementerian Pertahanan Taiwan melaporkan ada 19 pesawat China terbang masuk ke zona identifikasi pertahanan udara mereka. Ini termasuk pesawat pembom berkemampuan nuklir.


Secara rinci, dilaporkan ada 10 pesawat tempur J-16, empat Su-30 serta empat pembom H-6, yang dapat membawa senjata nuklir. Ada pula sebuah pesawat anti-kapal selam.

Sebagai balasan, pesawat tempur Taiwan juga dikirim untuk memperingatkan pesawat China. Sementara sistem rudal dikerahkan untuk memantau mereka.

Ini merupakan eskalasi terbaru dari konflik keduanya. China menganggap Taiwan merupakan bagian dari negerinya meski kepulauan itu menolak hal tersebut.

Sebelumnya, Kementerian Pertahanan Taiwan memperingatkan "ancaman" dari China meningkat. Mereka mengatakan angkatan bersenjata China dapat melumpuhkan pertahanan Taiwan dan dapat sepenuhnya memantau penyebarannya.

"Serangan" skala besar China, terakhir dilaporkan 15 Juni. Ini melibatkan 28 pesawat angkatan udara China. China kerap melakukan misi serupa untuk mengungkapkan ketidaksenangan atas Taiwan atau dukungan internasional bagi pulau itu.


[Gambas:Video CNBC]

(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading