Awas Perang! China & Taiwan Adu Pesawat Tempur

News - Tommy Sorongan, CNBC Indonesia
05 September 2021 21:15
Jet tempur China Chengdu J-20. (Wikimedia Commons)

Jakarta, CNBC Indonesia - Hubungan antara Taiwan dan China kembali memanas. Kali ini Taipei melaporkan beberapa pesawat tempur milik Beijing mulai memasuki zona pertahanan udara yang dikuasai wilayah itu.

Mengutip Reuters, Kementerian Pertahanan Taiwan menyebut bahwa ada 19 pesawat China yang mulai berseliweran di langit Taiwan. Pesawat-pesawat itu termasuk pesawat dengan kemampuan nuklir dan pesawat anti kapal selam.

"Misi China terbaru melibatkan 10 pesawat tempur J-16 dan empat Su-30, serta empat pembom H-6, yang dapat membawa senjata nuklir, dan sebuah pesawat anti-kapal selam," kata Kementerian Pertahanan Taiwan pada Minggu (5/9/2021).


Hal ini dibalas oleh Taipei. Wilayah pulau Pasifik itu mengirimkan pesawat tempur dan mengaktifkan sistem rudal dengan harapan menghalau aksi militer Beijing.

"Pesawat tempur Taiwan dikirim untuk memperingatkan pesawat China, sementara sistem rudal dikerahkan untuk memantau mereka," tambah kementerian itu.

Taiwan sendiri saat ini mengalami tekanan besar dari China. Beijing yang mengklaim bahwa pulau itu adalah miliknya beberapa kali melakukan manuver militer yang dianggap mengganggu wilayah di Pasifik itu.

Ketegangan telah meningkat di Selat Taiwan sejak Tsai Ing-Wen terpilih sebagai presiden pada tahun 2016. Tsai sendiri menolak untuk menerima prinsip satu-China yang membuat Beijing murka.

Lebih lanjut, Tsai terus menerus mendalami hubungan Taiwan dengan AS. Ini semakin membuat tekanan Beijing terhadap Taiwan semakin masif dilakukan.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

28 Pesawat Militer China Masuki Wilayah Taiwan


(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading