Internasional

Putin Tiba-tiba Evakuasi Warga Rusia di Afghanistan, Ada Apa?

News - sef, CNBC Indonesia
26 August 2021 06:45
Presiden Rusia Vladimir Putin melambai saat dia pergi setelah KTT AS-Rusia di Villa La Grange di Jenewa, Swiss, Rabu (16/62021). (AP/Denis Balibouse)

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Rusia, Vladimir Putin memerintahkan evakuasi warga negaranya dari Afghanistan, Rabu (25/8/2021). Bahkan, empat pesawat militer sudah dikirim ke bandara internasional Kabul.

Ini menandai perubahan sikap Rusia ke Taliban. Padahal Rusia sebelumnya memuji perilaku Taliban di Afghanistan, dengan menyebut Kabul 24 jam lebih aman dan lebih baik dari pemerintah sebelumnya.


"Situasinya sangat tegang ... Ancaman teroris sangat tinggi," tulis Reuters mengutip pernyataan Rusia, Kamis (26/8/2021).

Setidaknya lebih dari 500 orang sudah dievakuasi. Bukan hanya warga Rusia, tapi juga Belarus, Kirgistan, Tajikistan, Uzbekistan dan Ukraina.

Seorang pemimpin diaspora Afghanistan mengatakan kepada kantor berita RIA bahwa pihak berwenang Rusia akan mengizinkan sekitar 1.000 warga Afghanistan untuk datang. Ghulam Mohammad Jalal, mengatakan warga Afghanistan dengan paspor Rusia, hak tinggal, visa kerja dan mereka yang belajar, akan diizinkan masuk begitu penerbangan tersedia.

Sementara itu pada Rabu, Rusia juga memperkuat pangkalan militernya di Tajikistan. Latihan militer sudah dilakukan selama sebulan.

Di hari yang sama, kementerian pertahanan mengatakan mengerahkan tank T-72 ke pegunungan Tajikistan. Kantor berita Interfax mengatakan mereka berlatih menembak jarak jauh.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Sikap China & Rusia soal Taliban Kuasai Lagi Afghanistan


(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading