Begini Ternyata Kondisi Pasar Mobil Bekas Saat Corona

News - Emir Yanwardhana, CNBC Indonesia
25 August 2021 12:12
Penjual mobil bekas. (CNBC Indonesia/Andrean Kristianto)

Jakarta, CNBC Indonesia - Penjualan mobil bekas secara online diklaim masih meningkat walaupun di tengah tekanan pandemi dan insentif pajak pembelian mobil baru. Kendaraan pribadi masih dianggap sebagai transportasi yang aman dari penyebaran virus corona.

CEO OLX Group Indonesia Johnny Widodo optimistis permintaan mobil bekas pada tahun ini tetap tumbuh, didorong dari minat konsumen mobil bekas di tanah air. Meski dipengaruhi dampak pandemi Covid - 19 tapi pasar mobil bekas masih menunjukkan tren positif.

"Hal ini seiring dengan tingginya permintaan mobil bekas karena mobil pribadi dinilai menjadi moda transportasi paling aman di masa pandemi," katanya dalam keterangan tertulis, Rabu (25/8/2021).


Menurut data riset OLX Autos Indonesia permintaan mobil bekas naik sekitar 15% - 20% selama masa pandemi. Peningkatan penjualan juga ditopang ekspansi yang dilakukan perusahaan.

Sedangkan dari pengakuan pedagang mobil bekas offline, penjual mobil bekas harus menggunakan strategi baru dalam berjualan di situasi pandemi Covid-19. Agar bisa bersaing, pedagang menurunkan harga tak masalah meski untung tipis. Cara ini dilakukan demi bisa menarik perhatian calon konsumen dengan strategi "jual cepat".

"Harga diturunkan, saya nggak mau terlalu tinggi karena kondisi gini yang penting berputar. Untung-untung tipis lepas lah biar operasional bisa tertutupi, itu kalau strategi jual," kata Andi Supriadi, pemilik showroom mobil bekas, Jordy Mobil di MGK Kemayoran kepada CNBC Indonesia beberapa waktu lalu.

Untuk penurunannya bergantung pada jenis mobil, jika harganya tergolong mahal maka penurunannya bisa dalam. Namun, sebaliknya jika harga mobil tidak terlalu tinggi, maka penurunannya pun tidak jauh.

Ia mengaku selama PPKM, showroom tempat berjualan saat ini harus ditutup, sehingga penjualan hanya bisa melalui online.

"Semua online, misal pakai mobil123 dan OLX yang premium, itu saja yang digencarin. Jadi konsumen setelah cari lama misal halaman 20 keluar, halaman 40 keluar lagi. Kalau benar-benar serius cari, mereka juga jadi dan nemu di kita," kata Andi Supriadi.


[Gambas:Video CNBC]

(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading