Internasional

Fakta-fakta Kasus Covid AS Naik 1000% hingga Faskes Kritis

News - Tommy Patrio Sorongan, CNBC Indonesia
18 August 2021 16:55
Pandemi Covid-19 di Amerika Serikat. (AP Photo)

Jakarta, CNBC Indonesia - Pandemi Covid-19 semakin mengkhawatirkan di Amerika Serikat (AS). Meski memiliki angka vaksinasi yang cenderung tinggi, negara itu tetap mengalami peningkatan infeksi yang signifikan dengan mencapai di atas 140 ribu infeksi perharinya.

Mengutip Worldometers, kemarin AS mencatat ada 137.307 kasus Covid-19 dengan 873 kematian. Jika dilihat data 13 Agustus, kasus harian bahkan sempat menyentuh 159.690, rekor terbaru sejak kasus melandai di Februari 2021.


Hal ini membuat kekhawatiran baru. Lonjakan dinilai pelaku pasar berisiko pada perlambatan ekonomi AS.

Lalu apa saja fakta-fakta terkait ledakan corona AS ini? Berikut faktanya:

Kasus Covid-19 Naik 1000%

Mengutip data interaktif Covid-19 milik New York Times, pada akhir Juni lalu rata-rata kasus infeksi di Negeri Paman Sam masih berada di level 11 ribuan per minggunya. Namun saat ini rata-rata infeksi mingguan telah mencapai 141 ribu kasus perharinya.

Ini merupakan kenaikan lebih dari 10 kali lipat. Artinya kini kasus AS sudah naik sekitar 1000%.

2 Penyebab Kenaikan

Para analis kesehatan menganggap kenaikan tinggi ini terjadi akibat dari pelonggaran-pelonggaran yang berlaku pada liburan musim panas. Publik seakan sudah menganggap corona telah hilang dan mengabaikan protokol.

"Kita berada di pertengahan musim panas, orang-orang mulai berkumpul, mereka dalam kelompok yang besar. Vaksin telah membuat mereka merasa aman, dan mereka lupa dengan protokol kesehatan," kata DekanRutgers School of Public Health, dr. Perkin Halkitis, dalam wawancara bersama CNBC International.

Selain itu, Varian Delta juga dianggap sebagai faktor yang memicu ledakan infeksi ini. Pusat Penyakit Menular (CDC) ASmenyebut bahwa varian ini memiliki tingkat penyebaran layaknya cacar air dan melemahkan sistem imun lansia yang sudah divaksin.

5 Negara Bagian Terparah

Kenaikan ini paling signifikan dimotori oleh lima negara bagian yaitu Florida, Louisiana, Mississippi, Oregon, dan Hawaii.

Dari data New York Times , Louisiana mencatat rata-rata 126 kasus per 100.000 penduduk pada hari Minggu (15/8/2021), lebih dari tiga kali rata-rata nasional AS yang hanya 39. Sementara Mississippi dan Florida masing-masing mencatatkan rata-rata110 dan 101 kasus per 100.000 penduduk.

Mengutip Worldometers, secara keseluruhan, negara bagian yang mengalami kasus paling banyak beberapa minggu terakhir adalah California. Kemarin Selasa (17/8/2021), ada 14.940 kasus baru dengan total kasus aktif 1,8 juta.

Halaman 2 >>>

Faskes Dilaporkan Kritis
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading