Sri Mulyani: Pandemi Covid-19 akan Jadi Endemi di Tahun 2022

News - Lidya Julita S, CNBC Indonesia
16 August 2021 17:21
Konferensi Pers Nota Keuangan dan RAPBN 2022. (Dok: tangkapan layar youtube Perekonomian RI)

Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan pandemi Covid-19 tidak akan pernah selesai. Pandemi akan menjadi sebuah endemi.

"Kita lihat di 2022, masa pandemi akan menjadi endemi. Dan sekarang disiapkan langkah-langkah bagaimana Indonesia bisa lakukan adjustment," kata Sri Mulyani dalam konferensi pers Nota Keuangan dan RUU APBN 2022, Senin (16/8/2021).

Menurutnya, hal tersebut adalah pandangan dari para ilmuwan di mana pandemi belum akan selesai dan mungkin berakhir menjadi endemi.


Badan Kesehatan Dunia atau WHO juga sebelumnya mengatakan bahwa Covid-19 kemungkinan akan menjadi endemi. Endemi adalah penyakit yang selalu ada populasi atau wilayah tertentu. Contoh penyakit endemi adalah malaria yang terjadi di sebagian besar wilayah Afrika dan Amerika Selatan.

Penyakit endemi selalu muncul dalam suatu kelompok atau wilayah geografis. Penyakit ini berkembang dari epidemi, yang tadinya suatu penyakit dan menyebar ke satu hingga beberapa populasi.

Untuk itu Sri Mulyani menekankan, respons RAPBN 2022 juga akan diarahkan untuk menghadapi hal tersebut, terutama vaksinasi massal.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Imbauan Jokowi: Siapkan Transisi Pandemi ke Endemi


(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading