Ledakan Pandemi Mulai Terkendali, RI Siap Menuju Endemi!

News - Muhammad Iqbal, CNBC Indonesia
28 December 2021 07:35
Karyawan merapikan manekin (patung busana) di Lippo Mal Puri Jakarta, Selasa (2/11/2021). Pemerintah mengumumkan, kini DKI Jakarta sudah menjadi wilayah kategori Level 1 dalam pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM). Dengan status tersebut, mulai hari ini Selasa (2/11/2021) hingga 15 November 2021 maka aktivitas masyarakat kembali dilonggarkan. Aturan tersebut tertuang di dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 57 Tahun 2021 tentang pemberlakuan PPKM Covid-19 di wilayah Jawa dan Bali yang diteken 1 November 2021. (CNBC Indonesia/ Tri Susilo)

Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan sederet strategi meninggalkan pandemi Covid-19 menuju endemi. Hal itu terungkap dalam laporan "Capaian Kinerja Indonesia 2021" seperti dikutip dari laman resmi Kemenko Marves, Selasa (28/12/2021).

"Ledakan pandemi mulai terkendali. Tapi bahaya belum tuntas. Tutup semua celah kelengahan dan belajar pada serangan gelombang kedua varian delta. Disiplin protokol kesehatan serta vaksinasi merata adalah solusi jitu menuju endemi," tulis laporan itu.

Protokol kesehatan yang dimaksud adalah 3M (memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak) dan 3T (testing, tracing, treatment).

Khusus vaksinasi, pemerintah menyadari kalau Indonesia masih tergantung suplai dari luar negeri. Namun, pemerintah juga berusaha menciptakan vaksin sendiri.

"Vaksin Merah Putih adalah salah satu upaya kita untuk terus tangguh dan tumbuh dalam transformasi kesehatan nasional," tulis laporan itu.



[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Covid-19 Bakal Jadi Endemi, Ini Kata Dirut BPJS Kesehatan


(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading