Calon 'Penghancur' Innova Berdatangan, Begini Respons Toyota!

News - Ferry Sandi, CNBC Indonesia
10 August 2021 15:05
Hyundai Custo (Foto: Hyundai Beijing)

Jakarta, CNBC Indonesia - Mobil multi purpose vehicle (MPV) medium legenda asal Toyota yakni Innova memiliki banyak pesaing baru saat ini. Pabrikan lain seperti Hyundai hingga Honda coba mengambil alih segmen pasar ini dengan bakal merilis mobil-mobil anyar seperti Hyundai Custo hingga Honda N7X.

Namun, apakah Toyota bakal mengeluarkan varian dari Innova Reborn saat ini?

"Untuk ke depan, saya belum bisa komen detil," kata Direktur Pemasaran PT Toyota-Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy kepada CNBC Indonesia, Selasa (10/8/21).


Pada Agustus 2020, Toyota sudah mengeluarkan varian Innova bergaya sporty lewat TRD Sportivo. Selang delapan bulan kemudian, Toyota juga merilis Innova Limited Edition 50 Tahun Toyota pada pertengahan April 2021.

Hyundai Custo (Foto: Hyundai Beijing)Foto: Hyundai Custo (Foto: Hyundai Beijing)
Hyundai Custo (Foto: Hyundai Beijing)

Hal itu bisa jadi yang membuat Toyota lebih berhati-hati dalam merilis varian baru pada Innova ke depannya. Meskipun tidak menutup kemungkinan lahirnya varian baru pada mobil ini.

Namun, kerasnya persaingan di segmen MPV membuat Toyota harus berhati-hati dalam mempertahankan singgasana kedigdayaan Innova.

Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menilai perkembangan mobil di segmen ini masih bisa tumbuh di tengah pesatnya gempuran mobil sport utility vehicle (SUV). Ini artinya pasar MPV di berbagai segmen dari low, medium, sampai high di Indonesia masih terus menggiurkan.

"Awalnya kan sejak 1980an mobil jenis sedan dapat pajak tinggi, jadi MPV dengan kapasitas 7 seater ini yang digandrungi masyarakat Indonesia," kata Sekretaris Umum (Sekum) Gaikindo Kukuh Kumara kepada CNBC Indonesia, Selasa (10/8/21).


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Innova Limited Edition Setengah Abad Toyota Akhirnya Meluncur


(hoi/hoi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading