Bukan Cuma 1, Calon 'Penghancur' Kijang Innova Ternyata Ada 2

News - Ferry Sandi, CNBC Indonesia
10 August 2021 06:59
Hyundai Custo (Foto: Hyundai Beijing)

Jakarta, CNBC Indonesia - Toyota Kijang Innova bakal memiliki pesaing baru tak hanya dari pemain Korea seperti Hyundai Custo, tapi juga sesama pabrikan Jepang. Pesaing baru dari Innova diperkirakan datang dari Hyundan dan Honda.

Beberapa waktu lalu Honda sudah menyatakan bakal merilis N7X di Indonesia pada ajang GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) Agustus ini. Namun, seiring mundurnya ajang tersebut, peluncuran N7X pun berpotensi ikut mundur.

"GIIAS N7X diundur lagi sampai November (2021). Memang saya penah bicara N7X kita tunggu di GIIAS, pada dasarnya memang kami tetap mendukung GIIAS walau diundur sampai November dengan pengenalan produk di ajang ini," kata Business Inovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor (HPM) Yusak Billy.


Honda secara resmi memperkenalkan N7X Concept pada awal Mei 2021. Konsep mobil ini meluncur secara global pertama kali di Indonesia. Dari lekukan mobil ini terlihat seperti paduan sport utility vehicle (SUV) dan multi purpose vehicle (MPV) dan digadang-gadang sebagai penerus Mobilio yang mulai meredup pamornya, bahkan bisa jadi masuk segmen di atasnya sebagai medium MPV.

Selain itu, yang tak kalah serius adalah Hyundai. Diam-diam, produsen asal Korea Selatan ini sedang menyiapkan senjata andalan barunya, apalagi Hyundai sudah menanamkan uang triliunan membangun pabrik di Indonesia.

Belakangan nama Hyundai Custo santer dianggap sebagai calon pesaing dominasi Kijang Innova. Hal ini karena tak hanya soal dimensinya yang mirip, tapi juga dengan kapasitas mesinnya.

Hyundai Custo (Foto: Hyundai Beijing)Foto: Hyundai Custo (Foto: Hyundai Beijing)
Hyundai Custo (Foto: Hyundai Beijing)

Hyundai Custo memiliki panjang 4.950 mm--lebih panjang dari Innova yang hanya 4.735 mm. Sedangkan lebarnya 1.850 mm, dan tinggi 1.730 mm. Sedangkan Innova lebar 1.830 mm, dan tinggi 1.795 mm, hampir mirip dimensinya.

Namun, Hyundai Custo dibekali beberapa fitur premium, di antaranya layar hiburan berukuran 10,4 inci, sunroof, ambient light, kursi berventilasi dengan fitur pijat, dan kontrol iklim dua zona. MPV akan tersedia dalam konfigurasi enam, tujuh dan delapan kursi.

Saat ini Hyundai Custo baru akan dipasarkan di China. Dalam waktu dekat mobil ini bakal dipersenjatai mesin turbo 1.5 liter T-GDI yang sanggup memuntahkan tenaga 170 hp. Tenaga tersebut disalurkan melalui gearbox kopling ganda 7-percepatan.

Sementara opsi dapur pacu lain yang jadi pertimbangan ialah mesin 2.0 liter T-GDI turbo bensin yang menghasilkan 236 hp dengan gearbox otomatis 8-percepatan.

Belum ada keterangan resmi kapan Hyundai Custo meluncur. Namun MPV premium ini diprediksi bakal melantai dalam ajang Chengdu Auto Show yang digelar pada Agustus 2021.

Hyundai sempat buka suara mengenai rencana peluncuran produk baru sebagai konsekuensi dari investasi baru mereka di Indonesia. Pabrikan asal Korea Selatan itu sudah merealisasikan investasi sebesar US$ 1,5 miliar di Indonesia.

Salah satu rencana adalah produksi mobil anyar dengan fokus di pengembangan mobil listrik. Namun, besarnya pasar mobil berbahan bakar bensin atau konvensional di Indonesia saat ini juga tidak bisa dipandang sebelah mata. Hyundai juga bakal masuk ke dalam pasar ini, salah satunya mengambil pasar mobil MPV .

"Iya MPV-nya mungkin tahun depan kali," kata Vice President of Hyundai Motor Asia-Pacific Hong Kong, Lee Kang Hyun kepada CNBC Indonesia, Jumat (16/7/21).


[Gambas:Video CNBC]

(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading