Muncul 'Perobek' Ertiga & Xpander, Ini Dia Penampakannya

News - Monica Wareza, CNBC Indonesia
07 August 2021 10:55
Avanza Veloz GR (Tangkapan Layar)

Jakarta, CNBC Indonesia - Persaingan di kelas low MPV semakin sengit. Ertiga dan Xpander akan mendapat kejutan baru dari Avanza.

Tampilan Avanza Veloz bahkan sudah jadi perbincangan di jagat maya pekan ini. Jenis mobil keluarga keluaran terbaru ini dikabarkan akan segera meluncur ke pasar awal pekan depan, Senin (9/8/2021).


Melalui foto yang diunggah dalam akun instagram @indra_fathan, ditampilkan bentuk hingga kemampuan dari mobil yang disebut akan bernama Toyota Veloz GR Limited ini. Mobil ini diperkirakan akan dikeluarkan dengan jumlah unit terbatas.

"Jujur aja sih desain bodykit-nya lebih niat dibanding Raize GR Sport di mana desainnya dibikin ala-ala mobil GR beneran + emblem GR, tapi interiornya sama sekali tidak diubah. Rencananya akan meluncur bersama Rush, Yaris, Agya, dan Fortuner GR Sport pada 9 Agustus mendatang," tulis akun @indra_fathan yang kerap mereview banyak jenis mobil dalam akunnya ini, dikutip Sabtu (7/8/2021).

Sebelumnya hal yang sama juga disampaikan oleh salah satu wiraniaga Toyota. Bahwa harga jual mobil ini diperkirakan akan lebih tinggi ketimbang dengan model sebelumnya.

"Perkiraan kemungkinan naik Rp 8 juta hingga Rp 10 juta, itu di luar relaksasi PPnBM (Pajak Penjualan atas Barang Mewah)," kata seorang wiraniaga Toyota kepada CNBC Indonesia.

Saat ini Toyota Avanza Veloz mendapatkan relaksasi PPnBM 100 persen hingga Agustus 2021. Harga yang dipasarkan mulai dari Rp 212,9 juta - Rp 235,3 juta.

Mulai bulan depan hingga Desember akhir tahun mendatang, relaksasi PPnBM akan berubah menjadi 25%. Dengan demikian, harga Toyota Avanza Veloz yang saat ini mendapatkan diskon hingga Rp 18 juta karena relaksasi PPnBM, nantinya bakal naik menjadi belasan juta.

"PPnBM kan jadi 25%, naik Rp 13 juta untuk yang biasa, kalau GR Sport tambah Rp 8 juta jadi perbedaan dengan sekarang sekitar Rp 21 juta," jelasnya.

Jika menilik dari segi mesin, kemungkinan tidak mengalami perubahan, artinya mesin tetap 1.329 cc dengan tenaga sebesar 96,5 PS di 6.000 rpm.

Sementara mesin berkapasitas 1.496 cc di atas kertas bisa mengeluarkan 104 PS di 6.000 rpm dan torsi 13,9 kgm (136.3 Nm) di 4.200 rpm.

Pihak Toyota Astra Motor tidak menyanggah informasi tersebut. Namun sayangnya belum mau terbuka mengenai rencana varian baru dari Avanza Veloz.

CNBC Indonesia coba mengonfirmasi pada Direktur Pemasaran PT TAM Anton Jimmi Suwandy. Namun Ia mengaku belum bisa berkomentar.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Avanza Model Terbaru Bakal Segera Meluncur, Ini Faktanya


(sef/sef)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading