Menko Airlangga: Dana Pemulihan Ekonomi Sudah Cair Rp 355 T!

News - Anisatul Umah, CNBC Indonesia
02 August 2021 20:50
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto Saat Konferensi Pers Virtual Evaluasi dan Penerapan PPKM (Tangkapan Layar Youtube Kemenko Marves)

Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah terus mempercepat penyaluran dana pemulihan ekonomi nasional (PEN), baik dari sisi kesehatan maupun perlindungan sosial. Hingga akhir Juli 2021 sudah terealisasi sebesar Rp 355 triliun atau 41% dari pagu Rp 744 triliun.

Hal ini diungkapkan oleh Menko Perekonomian Airlangga Hartarto dalam konferensi pers virtual, Senin (2/8/2021)

"Pemerintah terus kembangkan dan mempertimbangkan aspek kesehatan, sosial, ekonomi dalam kegiatan tersebut, sehingga untuk mengurangi beban masyarakat, pemerintah mendorong percepatan penyaluran bantuan sosial," jelasnya.


"Kemudian juga ada bantuan untuk PKL dan warung sedang tahap finalisasi. Regulasinya akan segera sehingga bisa dijalankan oleh TNI Polri Rp 1,2 juta per orang untuk 1 juta target," papar Airlangga.

Airlangga menyampaikan rinciannya untuk sektor kesehatan telah terealisasi sebesar Rp 66,5 triliun. Kemudian dukungan untuk UMKM dan korporasi sebesar Rp 52,4 triliun dan klaster prioritas sebesar Rp 47 triliun serta insentif usaha Rp 43,35 triliun.

Selanjutnya adalah perlindungan sosial yang sudah terealisasi Rp 91 triliun. Antara lain untuk Program Keluarga Harapan (PKH) sebesar Rp 5,15 triliun, kartu sembako Rp 9,4 triliun, Bantuan Langsung Tunai (BLT) Desa Rp 1,48 triliun.

"Subsidi upah sudah mulai berjalan dan banpres usaha mikro sudah diluncurkan oleh Presiden Jokowi kemarin," ujarnya.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Nah Loh! Dana Buat Lacak Kasus Positif Covid Baru Terserap 3%


(mij/mij)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading