Luhut Akui Kasus Covid-19 di Luar Jawa Sedang Nanjak

News - Anisatul Umah, CNBC Indonesia
02 August 2021 20:04
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan Saat Konferensi Pers Virtual Evaluasi dan Penerapan PPKM (Tangkapan Layar Youtube Kemenko Marves)

Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Koordinator Bidang Marves yang juga Koordinator PPKM Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan kabar baik soal masalah pasokan oksigen dan obat-obatan Covid-19 kini sudah tertangani lebih baik. Sebelumnya saat puncak pandemi gelombang pada medio Juli 2021 persoalan kelangkaan obat dan oksigen mengemuka.

Namun, kabar buruknya kasus Covid-19 di luar Jawa kini dalam tren naik, tapi saat bersamaan kasus di Jawa mulai tren turun. Sehingga perlu koordinasi yang kuat dalam hal pasokan oksigen dan obat-obatan.

"Pemenuhan kebutuhan oksigen dan obat semakin baik dan kami koordinasi dengan perekonomian tangani di luar Jawa kelihatan naik, sehingga oksigen bersama-sama atasi dan beberapa darah kasus tinggi kapasitas RS dinaikkan. Satu hal pemerintah jaga adalah tingkat mobilisasi pasien dari isolasi mandiri ke terpusat agar dapat layanan lebih baik," kata Luhut, Senin (2/8).


Luhut mengklaim penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 4 dan 4 sejak 26 Juli hingga 2 Agustus 2021 di Jawa dan Bali telah menunjukkan hasil positif.

Ia bilang satu pekan terakhir tambahan angka kasus harian Covid-19 di Jawa dan Bali menunjukkan tren penurunan.

"Ini kalau kita lihat bahwa sejak puncaknya pada tanggal 15 Juli sampai kepada hari kemarin dan tadi saya kira masih penurunan, kita melihat angka itu sudah 50%, kita ambil rata-rata," kata Luhut.

Soal kenaikan kasus di luar Jawa juga disampaikan  Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin yang menyebut ada penurunan penambahan kasus Covid-19 di Jawa, namun di luar Jawa ada peningkatan.

"Kondisi pandemi yang kita lihat di Jawa-Bali, hampir 70% kasus ada di sini. Sejak PPKM darurat dimulai, dalam 13 hari sudah melewati di puncak dan kita melihat laju penurunan," ujarnya saat press conference update penanganan Covid-19 secara virtual, Senin (2/8/2021).

Namun, penurunan itu dibarengi dengan kenaikan di luar Jawa. Hal ini terjadi saat Jawa mengalami kenaikan kasus yang tinggi, dilakukan intervensi, kemudian kasus mulai turun. Sekarang, kasus di luar Jawa merangkak naik.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Kasus Covid RI Turun, Luhut Wanti-Wanti Jangan Jemawa Dulu!


(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading