Rumah Digital Indonesia, Cara RI Rayakan HUT Kemerdekaan 2021

News - Redaksi CNBC Indonesia, CNBC Indonesia
30 July 2021 18:55
Konferensi Pers tentang Bulan Kemerdekaan dan Rumah Digital Indonesia, Jumat (30/7/2021). (Dok: Tangkapan layar Youtube Setpres RI)

Jakarta, CNBC Indonesia - Indonesia akan memperingati HUT Proklamasi Kemerdekaan ke 76. Segenap warga negara pun menantikan perayaan dan selebrasi di hari kemerdekaan yang jatuh pada tanggal 17 Agustus.

Sayangnya, HUT Indonesia tahun ini harus kembali digelar di tengah situasi pandemi Covid-19. Ini merupakan tahun kedua bumi pertiwi merayakan hari kemerdekaan dalam situasi pandemi.

Meski begitu, pandemi tidak menghalangi semangat untuk merayakan hari kemerdekaan. Khusus tahun ini, pemerintah menyiapkan festival kemerdekaan virtual terbesar pertama di Indonesia yaitu Rumah Digital Indonesia (RDI).


Menteri Sekretaris Negara Pratikno mengemukakan RDI merupakan wadah untuk masyarakat agar bisa berpartisipasi secara virtual dalam merayakan bulan kemerdekaan. RDI akan hadir mulai selama bulan Agustus, dan dimulai pada 1 Agustus besok.

"Semangat kemeriahannya tetap sama, ruangnya beda," kata Pratikno dalam konferensi pers, Jumat (30/7/2021).

Pratikno mengakui pemerintah telah menyiapkan kejutan dalam perayaan hari kemerdekaan tahun ini. Namun, sampai saat ini pemerintah masih menutup rapat-rapat kejutan yang dimaksud.

"Ada beberapa kegiatan pendukung, tapi nanti jangan dibocorin. Tapi tetap prinsipnya kehikmatan," jelasnya,

Staf Khusus Presiden Putri Tanjung mengatakan RDI adalah wadah partisipasi dan kebersamaan untuk merayakan hari kemerdekaan. Hal tersebut, merupakan pesan penting dari Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Kita bisa merayakan kemerdekaan tanpa ada sekat, berkolaborasi membuat karya yang bisa dinikmati bersama, mengapresiasi produk UMKM, dan belajar lebih mengenal Indonesia dengan segala kekayaan ragam budaya dan keindahannya," kata Putri.

Sebagai informasi, RDI akan menghadirkan konsep festival kemerdekaan virtual yang baru. Untuk pertama kalinya, perayaan hari kemerdekaan dihadirkan dalam sebuah arena virtual 360 yang bisa dijelajahi.

Dalam arena tersebut ada panggung nasional, arena lomba 17-an, ruang komunitas, pasar lokal, ruang literasi digital, petualangan nusantara dan wajah Indonesia, hingga ruang tolong menolong untuk sesama.

"Rumah Digital Indonesia adalah perwujudanan simbol masyarakat Indonesia yang inklusif dan kolaboratif," kata Putri.


[Gambas:Video CNBC]

(cha/cha)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading