Cegah Kebangkrutan, Usulan Hotel Jadi Lokasi Vaksin Gratis!

News - Linda Hasibuan, CNBC Indonesia
28 July 2021 19:56
Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bersama industri keuangan non-bank melaksanakan vaksinasi Covid-19 untuk lansia, Selasa (27/4/2021). Vaksinasi dipusatkan di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Jakarta. (CNBC Indonesia/ Tri Susilo)

Jakarta, CNBC Indonesia - Pengusaha hotel mengusulkan agar vaksinasi Covid-19 bisa digencarkan bagi para tamu hotel. Hal ini bisa menjadi solusi, selain mencegah kebangkrutan usaha juga menggenjot vaksinasi di masyarakat.

Ketua BPD Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) DKI Jakarta, Sutrisno Iwantono juga menjawab isu terkait kewajiban membawa surat hasil tes PCR bagi pengunjung yang hendak menginap di hotel.

Menurutnya, hal tersebut tidaklah benar. Hanya saja dia mengimbau untuk para tamu dan customer sebaiknya sudah melakukan vaksinasi terlebih dahulu.


"Intinya isu ini belum benar," tegas Sutrisno pada Webinar Industri Pariwisata Sudin Parekraf Kota Administrasi Jakarta Pusat, Rabu (28/7/2021).

Ia mengatakan bahwa PHRI juga siap membantu pemerintah untuk menggencarkan program vaksinasi Covid-19. Misal, para tamu bisa mendapatkan vaksin atau PCR gratis bila menginap di hotel.

Hal tersebut juga sekaligus mendorong bisnis hotel yang telah terpuruk akibat pandemi Covid-19. Dia mengatakan bahwa ada penurunan okupansi terutama di hotel-hotel non-bintang dan hotel-hotel kecil.

"Bagaimana caranya bisa vaksinasi di hotel setiap tamu ke hotel bisa bonus vaksin dan tes PCR. Inikan penting bagi pemerintah melakukan vaksin terbatas. Di hotel silakan supaya tamu mau datang agar dapat vaksin gratis dari pemerintah. Itu yang kita cari jalan keluar agar teman-teman pengusaha jangan sampai gulung tikar dan vaksinasi tetap jalan," ungkap ia.


[Gambas:Video CNBC]

(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading