Peserta Sejak 2016, Mantap Lindungi Keluarga dengan JKN-KIS

News - yun, CNBC Indonesia
27 July 2021 17:53
BPJS Kesehatan

Jakarta, CNBC Indonesia - Memiliki keluarga yang sehat merupakan suatu prioritas utama bagi Chairul Anwar, salah satu warga Kebon Jeruk Jakarta Barat.

Chairul bersyukur selama ini perusahaan tempatnya bekerja menjalankan aturan perundang-undangan untuk mendaftarkan dirinya dan keluarganya ke dalam program Jaminan Kesehatan Nasional - Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan. Bukan hanya itu, perusahaan tempat ia bekerja juga selalu membayarkan iuran JKN-KIS pekerjanya secara tepat waktu.

"Saya dan keluarga sudah terdaftar sebagai Peserta Program JKN-KIS sejak tahun 2016. Kami tidak perlu bersusah payah untuk mendaftarkan kepesertaan Program JKN-KIS karena semuanya difasilitasi oleh perusahaan. Setiap bulannya kami tidak perlu takut lupa melakukan pembayaran karena iuran tiap bulannya juga disalurkan langsung oleh perusahaan. Iurannya pun juga tidak sebanyak jika kami membayar secara mandiri," tutur Chairul di Jakarta, Selasa (27/7/2021).


Chairul menjelaskan dirinya bangga atas kontribusinya pada Program JKN-KIS selama ini karena ia tahu betapa besar manfaat dan pertolongan yang telah diberikan oleh JKN-KIS bagi keluarganya. Apalagi saat istrinya yang menjalani proses persalinan anaknya yang ketiga pada tanggal 12 Oktober 2017 melalui operasi caesar di Rumah Sakit yang ada di Jakarta.

Pada saat itu ia tidak ragu menggunakan Program JKN-KIS karena sebelumnya ia sering mendengar kerabat maupun tetangga lingkungan sekitar rumahnya menceritakan mengenai pengalamannya dalam menggunakan Program JKN-KIS.

"Alhamdulillah saya memang belum pernah dirawat di rumah sakit menggunakan JKN-KIS. Namun, saya melihat secara langsung bagaimana manfaat JKN-KIS berperan penting dalam keluarga saya pada saat isteri saya melahirkan anak kami yang ketiga. Kami tidak perlu khawatir sama sekali mengenai pembiayaan kelahiran anak mereka dan perawatan anak pasca lahir. Semuanya dijamin oleh BPJS Kesehatan dan kami sangat terbantu dengan hal itu," jelas Chairul.

Chairul bercerita ia dan keluarganya sangat senang dan bersyukur atas kelahiran anak ketiga mereka. Tidak ada permasalahan biaya perawatan yang membebani pikiran ia dan keluarganya. Sehingga, ia dan keluarganya terlepas dari beban pembiayaan perawatan.

Chairul menjelaskan pengamatannya pada saat isterinya dirawat di rumah sakit, ia menyadari pelayanan kesehatan baik oleh petugas medis maupun petugas administrasi rumah sakit dilaksanakan dengan baik, ramah, professional, dan tanpa membeda-bedakan dengan pasien lainnya.

"Isteri saya dilayani dengan baik oleh petugas rumah sakit. Pelayanan yang bagus dan tidak mendiskriminasi pasien JKN-KIS merupakan hal yang sangat baik bagi para peserta Program JKN-KIS. Semua pasien dirawat dengan baik dan diobati dengan lebih sesuai kebutuhan. Program JKN-KIS sangat penting dan sangat membantu keluarga saya tepat di saat kami membutuhkannya," tambah Chairul.

Di akhir pertemuannya, Chairul berharap Program JKN-KIS dapat senantiasa membantu peserta yang ada di seluruh Indonesia menjadi program yang berkualitas dan berkesinambungan. Bukan hanya itu, ia berharap BPJS Kesehatan terus menjalani perbaikan kualitas pelayanan sehingga seluruh peserta dapat mengakses pelayanan dengan mudah.


[Gambas:Video CNBC]

(yun/yun)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading