Bayar Iuran JKN-KIS Tepat Waktu, Cara Sederhana Bantu Sesama

News - yun, CNBC Indonesia
28 May 2021 13:15
JKN-KIS

Jakarta, CNBC Indonesia - Nathanael Putri (20), adalah salah satu peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional - Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) segmen Peserta Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) atau sering disebut dengan peserta mandiri.

Nathanael, begitu sapaan akrabnya merupakan peserta yang telah terdaftar sejak tahun 2014 lalu. Nathanael pun tidak segan berbagi pandangannya seputar Program JKN-KIS. Nathanael mengatakan bahwa ia merasa beruntung dan bersyukur telah menjadi peserta JKN-KIS. Menurutnya, dengan menjadi peserta JKN-KIS, kesehatan dirinya dan keluarganya dapat terlindungi.

"Sampai saat ini saya memang belum pernah memanfaatkan Kartu JKN-KIS saya untuk berobat. Tapi dari beberapa pengalaman keluarga yang saya lihat, mereka sangat terbantu oleh Program JKN-KIS. Saat berobat, mereka tidak dihadapkan pada permasalahan biaya pengobatan yang begitu mahal berkat Program JKN-KIS. Jadi saya merasa tenang karena jika suatu saat saya sakit, maka saya juga bisa terbantu karena sudah menjadi peserta JKN-KIS," ujar Nathanael, Jumat (28/5/2021).


Lebih lanjut Nathanael mengatakan, dari pengalaman keluarganya yang ia saksikan sendiri, tidak ada pengalaman yang tidak baik dalam pelayanan di fasilitas kesehatan. Hal itu pun membuat ia semakin yakin dengan Program JKN-KIS.

Bahkan ia juga terus berkomitmen melaksanakan kewajibannya sebagai peserta JKN-KIS, yaitu membayar iuran secara rutin dan tepat waktu. Hal itu ia lakukan agar saat membutuhkan Kartu JKN-KIS miliknya untuk berobat, ia juga tidak mengalami kendala.

"Beruntung sampai saat ini masih sehat. Tapi saya tetap rajin bayar iuran biar nanti kalau butuh tidak ada masalah. Lagipula kalau saya tidak pakai, iuran yang saya bayarkan akan digunakan untuk membantu orang lain yang sakit. Saya sangat paham program ini sistemnya gotong royong. Yang sehat membantu yang sakit. Jadi kalau suatu saat saya sakit, giliran saya yang akan terbantu. Percayalah tidak akan rugi menjadi peserta JKN-KIS," ujar Nathanael.

Nathanael mengatakan bahwa sebagai orang yang mengutamakan kesehatan, ia selalu berusaha untuk menjalankan perilaku pola hidup sehat. Hal tersebut juga dilakukannya agar ia selalu dalam keadaan sehat dan juga membayar iurannya agar dapat digunakan untuk membantu mereka yang benar-benar membutuhkan pengobatan dengan biaya yang tinggi.

"Ya memang Kartu JKN-KIS yang saya punya untuk jaga-jaga sewaktu-waktu kalau sakit, tetapi bukan berarti kemudian tidak menjaga kesehatan. Mencegah lebih baik dari pada mengobati. Masih banyak mereka yang sakitnya membutuhkan biaya pengobatan lebih banyak," kata Nathanael.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Ikut BPJS Kesehatan, Tak Perlu Resah Dengan Biaya Berobat


(yun/yun)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading