Cegah Salah Tagihan Listrik, Lakukan Cara Cek Meteran Ini

News - Anisatul Umah, CNBC Indonesia
22 July 2021 18:50
Warga melakukan pengisian token listrik PLN di Depok, Jawa Barat, Senin, 7/6. Pemerintah memutuskan untuk tidak melanjutkan program stimulus berupa diskon tarif tenaga listrik kepada masyarakat dan pelaku usaha yang terdampak pandemi Covid-19 mulai Juli 2021. Sebelumnya pemberian stimulus listrik pada periode April hingga Juni 2021. Sebelumnya diskon tarif sebesar 50% seperti golongan pelanggan 900 VA. Seperti diketahui, stimulus diskon tarif listrik merupakan bagian dalam Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PCPEN) dan masuk dalam sektor Perlindungan Sosial (Perlinsos) yang merupakan program lanjutan dari 2020.  (CNBC Indonesia/ Muhammad Sabki)

Jakarta, CNBC Indonesia - PT PLN (Persero) mengajak masyarakat untuk melakukan catat meter secara mandiri melalui fitur Swadaya Catat Angka Meter (SwaCam) pada aplikasi PLN Mobile.

Pencatatan secara mandiri saat pandemi sangat membantu di tengah aturan pembatasan mobilitas masyarakat kala pandemi.

Direktur Niaga dan Manajemen Pelanggan PLN Bob Saril mengatakan, selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat, terkadang petugas PLN sulit masuk ke beberapa RT dan RW yang melakukan penguncian wilayah (lockdown), sehingga petugas catat meter tidak bisa masuk ke area perumahan tersebut.


Oleh karena itu, PLN mengajak agar masyarakat mau melakukan catat meter secara mandiri.

"Misal lockdown di RT RW gak bisa dimasuki petugas catat meter, kita bisa catat meter sendiri kita gunakan SwaCam," kata Bob dalam diskusi acara Ruang Energi, Kamis (22/07/2021).

Bob menyebut, catat meter yang dilakukan secara mandiri sangat mudah dilakukan.

"Kita bisa catat meter sendiri, kita gunakan SwaCam, ini bisa dilakukan. Ini layanan kita mengajak semua, lagi PPKM saat ini stay at home tolong catat meter lewat SwaCam," pintanya.

Di dalam bahan paparannya dijelaskan, ada beberapa macam SwaCam. Pertama, SwaCam versi Whatsapp yang kali pertama diluncurkan ketika pandemi Covid-19 muncul pada 2020 lalu. Karena pembatasan, sehingga petugas tidak bisa melakukan pencatatan meter.

Kedua, SwaCam di aplikasi New PLN Mobile, pengembangan super Apps New PLN Mobile memuat fitur baca meter mandiri. Bob menyebut masyarakat yang melakukan catat meter via SwaCam jumlahnya terus mengalami peningkatan, sejak diluncurkan pada triwulan IV tahun 2020.

Kirim angka stand meter melalui SwaCam ini bisa dilakukan setiap tanggal 24-27 setiap bulannya. Setelah itu, nanti keluar perkiraan angka tagihan listriknya.

"Saya bisa jamin petugas catat meter catat seperti biasa, kecuali di tempat-tempat lockdown, kita kasih tahu RT setempat dan minta tolong masyarakat lakukan pembacaan mandiri," jelasnya.

Bob mengatakan PLN akan terus menjaga keandalan pasokan listrik ke semua pelanggan. Termasuk pasokan listrik untuk Rumah Sakit di tengah lonjakan kasus Covid-19.

"Posko-posko gak hanya personel. Tapi juga peralatan-peralatan pengganti, sehingga ketika ada masalah bisa gantikan," ucapnya.


[Gambas:Video CNBC]

(wia)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading