Hamdalah, 3 Juta Vaksin Moderna AS Sudah Tiba di RI

News - Emir Yanwardhana, CNBC Indonesia
11 July 2021 12:59
Kedatangan Vaksin Covid-19 Tahap 20, Bandara Internasional Soekarno-Hatta, 11 Juli 2021 (Tangkapan Layar Youtube Biro Setpres RI)

Jakarta, CNBC Indonesia - Vaksin corona (Covid-19) produksi Amerika Serikat (AS) Moderna akhirnya tiba di Indonesia, Minggu (11/7/2021). Vaksin sebanyak 3 juta dosis tiba di Bandara Soekarno Hatta, sekitar pukul 12.30 WIB.

Vaksinasi datang melalui mekanisme COVAX, yang digagas WHO untuk distribusi vaksin secara adil di global. Ini menjadikan ada total 122 juta lebih vaksin datang ke tanah air dari sejumlah negara.


"Alhamdulilah Indonesia telah menerima 3.06.00 vaksin Moderna, dukungan pemerintah AS dari jalur multilateral Covax Fasility," jelas Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, dalam konferensi pers di Youtube Sekretariat Presiden.

"Pengiriman pertama dari AS, vaksin berbasis MRA, sudah dapat izin darurat dari BPOM pada 2 juli 2021 ... Terima kasih kepada AS sudah berbagi dosis melalui fasiltias Covax."

Sementara itu, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan vaksin ini merupakan tahap satu dari 4,5 juta dosis Moderna di Indonesia. Diharapkan Moderna yang memiliki efikasi (kemanjuran) tinggi, bisa membantu RI melawan gelombang kedua corona.

"Selain suntikan pertama dan kedua bagi rakyat. Vaksin ini khusus akan kami gunakan untuk booster ketiga bagi tenaga kesehatan Indonesia," tegasnya.

Sebelumnya, RI sudah mendapat vaksin Sinovac (sebagian curah), lalu Astra Zeneca dan Sinopharm. Selain AS, RI juga mendapat sejumlah vaksin dari negara lain seperti Australia, Jepang, Belanda dan Uni Emirat Arab (UEA).


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Ini Hasil Data Awal Uji Coba Dosis ke-3 Vaksin Moderna


(sef/sef)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading