Blak-blakan Ridwan Kamil: BOR Covid-19 Jabar Sudah Capai 90%!

News - Muhammad Iqbal, CNBC Indonesia
30 June 2021 14:55
Infografis/ Jabar Wajibkan Turis Bawa Bukti Rapid  Test Antigen/Aristya Rahadian

Jakarta, CNBC Indonesia - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengungkapkan bed occupancy ratio (BOR) untuk pasien Covid-19 di Jawa Barat telah menembus 90%. Hal itu diungkapkan Kang Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil, dalam media briefing virtual, Rabu (30/6/2021).

"Untuk berita mutakhir yang rekan-rekan perlu ketahui yang pertama memang hari ini BOR sebagai salah satu ukuran dalam pandemi Covid-19 terus meningkat dan sudah mencapai 90% dari kurang lebih jatah untuk Covid-19 yaitu sekitar mendekati 40% dari total bed pasien di RS-RS di Jawa Barat," katanya.

Dalam kesempatan itu, Kang Emil meminta peran media untuk mengedukasi perbedaan BOR untuk pasien Covid-19 dan BOR untuk pasien secara keseluruhan.

"Kalau tempat tidur keseluruhan itu ada 54 ribuan tempat tidur. Yang dijatah untuk pasien Covid-19 dari 14 ribu sudah kita naikkan ke 16 ribu. Kira-kira begitu. Berarti dalam satu minggu terakhir sudah ada penambahan 2.000-an tempat tidur," ujarnya.



"Jadi kalau 54 ribu dikurang 16 ribu masih ada kurang lebih sekitar 38 ribu lagi tempat tidur yang bisa kita naikkan sampai nanti strateginya di 60% ya. Itu. Jadi masih ada 38 ribu yang akan kita kalkulasi untuk penambahan tempat tidur Covid-19 yang sekarang dari 14 ribu kita naikkan ke 16 ribu," lanjutnya.

Lebih lanjut, Kang Emil menyebut tadi pagi sudah melakukan pengecekan BOR di RS Santo Borromeus di Kota Bandung. Di sana telah dilakukan konversi tempat tidur pasien umum non-Covid-19 menjadi pasien Covid-19.



[Gambas:Video CNBC]

(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading