Resep Jadi Pimpinan RI Dari Kang Emil, Simak!

News - Tim Redaksi, CNBC Indonesia
03 December 2021 14:30
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat Konferda ke- IX DPD KSPSI Provinsi Jawa Barat periode 2021-2026 di Hotel Bumi Makmur Indah, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Selasa (16/11/2021).

Jakarta, CNBC Indonesia - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengungkap tantangan untuk menjadi seorang pemimpin Indonesia di masa depan.

Berbicara dalam sebuah diskusi, Kang Emil, sapaan akrabnya menyebut, di era yang penuh dengan keterbukaan informasi, tantangan menjadi seorang pemimpin Indonesia sangat beragam.

Mulai dari tantangan kesehatan masyarakat, investasi, ekonomi, dan sebagainya. Hal tersebut membuat seorang calon pemimpin harus memiliki strategi-strategi jitu untuk mengatasi berbagai masalah.


"Berbagai strategi yang harus dihadapi itu setidaknya ada tujuh. Harus jadi juara investasi, kedaulatan pangan, infrastruktur kesehatan, manufakturing 4.0, digital, ekonomi hijau, dan pariwisata regional," katanya dalam keterangan resmi, Jumat (3/12/2021).

Ridwan Kamil mengatakan salah satu ciri pemimpin adalah harus visioner. Ia lantas mengajak kalangan muda untuk belajar dari Bung Karno yang memiliki pemikiran jangka panjang.

Ridwan Kamil lantas angkat bicara mengenai filosofinya yakni akal sehat dan tahu diri. Menurutnya, seorang pemimpin harus memiliki jiwa seperti itu agar mampu menyuarakan hal yang dirasakan masyarakat,

Selain itu, seorang pemimpin yang baik dituntut tidak menolak adanya perubahan peradaban, seperti teknologi. Dalam hal ini pemimpin justru harus mengikuti perkembangan teknologi tersebut

"Salah-satunya daerah yang tidak mengikuti lelang jabatan di republik ini, adalah Jawa Barat. Itu karena sistem, Artificial Intelligence-nya kami dalam menyeleksi orang, sehingga tidak ada lagi jual beli jabatan," katanya


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Skenario Pemprov Jabar Antisipasi Faskes Kolaps Hadapi Corona


(cha/cha)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading