Heboh Limit Kartu Kredit Ahok

Tanggapi Ahok, Eks Komut Pertamina Buka-bukaan Kartu Kredit!

News - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
26 June 2021 20:47
Komisaris Utama Pertamina Tanri Abeng

Jakarta, CNBC Indonesia - Komisaris Utama PT Pertamina (Persero) Basuki Tjahaja Purnama atau biasa disapa Ahok mengaku jika limit kartu kredit Komisaris Utama Pertamina memang bisa mencapai Rp 30 miliar.

Tanggapan pun mulai bermunculan, kali ini datang dari Tanri Abeng yang pernah menjabat Komisaris Utama Pertamina.

Dilansir laman resmi Pertamina, Tanri Abeng ditunjuk pertama kali sebagai Komisaris Utama Pertamina (Persero) sejak 6 Mei 2015. Penunjukannya berdasarkan Keputusan Menteri BUMN selaku Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Pertamina (Persero) No. SK-60/MBU/05/2015 tanggal 6 Mei 2015.


Pada 14 November 2016, Tanri resmi menjabat Komisaris Independen dan merangkap Komisaris Utama Pertamina, sebelum akhirnya digantikan oleh Ahok pada 22 November 2019.

Dia mengaku tak pernah mengetahui limit kartu kreditnya. Sebab kartu kredit itu dipegang oleh sekretarisnya.

"Waduh enggak tahu, saya enggak pernah pegang itu. Enggak tahu ya mungkin enggak sampai, saya enggak tahu karena enggak pernah pegang kartu kreditnya," kata Tanri kepada CNBC Indonesia, Sabtu (26/6/2021).

Dia mengatakan tak pernah tahu dan memperhatikan hal tersebut. Sebab menurutnya hal itu bukan sesuatu yang penting, namun terpenting adalah mengurusi perusahaan.

Namun Tanri mengatakan kemungkinan nominalnya tak sampai Rp 1 miliar. Namun berkisar Rp 300-Rp 500 juta.

"Enggak mungkin sampai Rp 1 miliar. Paling tidak saya kira enggak mungkin," ungkapnya.

Saat ditanya tanggapan jika limit kartu kredit mencapai Rp30 miliar, menurutnya tidak perlu senilai tersebut. Dia mengatakan jika hal itu terjadi maka ini menjadi keterlaluan.

"Kalau saya pikir sampai Rp 30 miliar sepertinya enggak perlu gitu. Masa sampai gitu kan itu paling juga tiap bulan kan masa sampai Rp30 miliar yang benar aja. Saya kira kalau begitu keterlaluan juga tuh," jelasnya.

Selain mantan Komut Pertamina, Tanri adalah Menteri Negara Pendayagunaan BUMN periode Maret 1998-Oktober 1999 ini dan mantan Komisaris Utama PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (TLKM).

Sebelumnya Ahok pernah mengatakan limit kartu kredit Komisaris Utama Pertamina mencapai Rp 30 miliar. Dia juga sempat membagikan foto kartu kredit perusahaan miliknya yang diketahui bekerja sama dengan Bank Mandiri.

Terlihat jika kartu kredit itu memiliki logo Pertamina dan bertuliskan Platinum Corporate Card.

Perlu diketahui, CNBC Indonesia telah menanyakan terkait limit kartu kredit Pertamina kepada Ahok, bahkan hingga dua kali. Ahok pun dengan pasti menjawab Rp 30 miliar.

"Iya, Komisaris Utama dengan limit Rp 30 miliar," kata Ahok kepada CNBC Indonesia, Rabu (16/06/2021).


[Gambas:Video CNBC]

(tas/tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading