RI PPKM Mikro Ketat, Negeri Jiran Sudah Longgarkan Pembatasan

News - Tommy Sorongan, CNBC Indonesia
22 June 2021 09:40
Gambar Cover, Malaysia Lockdown

Jakarta, CNBC Indonesia - Kasus Covid-19 di Indonesia semakin menanjak dan terus mencetak rekor dalam sepekan terakhir. Kini total kasus di tanah air telah mencapai 2 juta kasus dengan beberapa wilayah DKI Jakarta, Jawa Barat, jawa Tengah dan Jawa Timur masih menjadi pusat penyebaran virus.

Hal ini cukup berbeda dengan salah satu jiran atau tetangga RI, Thailand. Pemerintah Negeri Gajah Putih akhirnya memutuskan untuk melonggarkan beberapa pembatasan di ibukota Bangkok dan juga membuka beberapa tempat pariwisata lainnya.

Melansir Bangkok Post, Gubernur Bangkok Aswin Kwanmuang pada hari Minggu (20/6/2021) menandatangani perintah Balai Kota terbaru yang mengijinkan restoran non-AC dapat beroperasi pada kapasitas 100%, sementara tempat-tempat ber-AC diizinkan untuk menggunakan hingga 50% kapasitas untuk pelanggan makan di tempat.


Perintah itu juga memungkinkan restoran dan restoran di Bangkok buka hingga pukul 11 malam, naik dari pukul 9 malam sebelumnya, meskipun larangan konsumsi alkohol di tempat restoran tetap berlaku.

Selain mengurangi pembatasan makan di luar, perintah itu juga memungkinkan kolam renang dan fasilitas olahraga air lainnya dibuka kembali, bersama dengan pusat pendidikan dan taman sains, serta perpustakaan umum dan swasta.

Tak hanya di Bangkok, langkah-langkah pembukaan juga sedang diupayakan di Pulau Resort Phuket. Thailand menyatakan akan membuka pulau wisata itu bagi para wisatawan mancanegara dari negara-negara tertentu yang telah divaksin pada tanggal 1 Juli mendatang. Program ini akan menjadi pilot project dalam membuka tempat wisata lainnya seperti Koh Samui dan Krabi.

Thailand sendiri masih mencatatkan penambahan kasus Covid-10 harian di level 3 ribu kasus. Pada Senin (21/6/2021) negara kerajaan itu mencatatkan 3.175 kasus Covid-19 dan 29 kematian. Kasus-kasus ini juga bertambah dari beberapa pelintas batas dari Kamboja, dan Myanmar, serta beberapa kasus impor dari India, Jepang, Pakistan, Norwegia, dan Polandia.

Dari segi vaksinasi, Thailand telah memberikan 7,5 juta dosis vaksin Covid-19. Khusus Phuket, tahapan vaksinasi di pulau wisata Thailand itu telah mencapai 50%.

Sementara itu di Indonesia pemerintah masih berjuang untuk menekan angka penularan Covid yang telah mencapai di atas 13 ribu perhari.

Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KCP-PEN) Airlangga Hartarto mengatakan bahwa seluruh pusat keramaian seperti mall, pasar, dan pusat perdagangan wajib tutup pukul 20.00 atau jam 8 malam. Hal ini untuk mengekang kerumunan yang berpotensi menularkan virus corona,

"Kegiatan di mall dan pasar dan pusat perdagangan maksimal jam 20.00, Pembatasan pengunjung 25% dr kapasitas," ujar Airlangga dalam konferensi pers, Senin (21/67/2021).


[Gambas:Video CNBC]

(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading