Pantas Covid Melonjak, Mobilitas Orang Kayak Sebelum Pandemi!

News - Cantika Adinda Putri, CNBC Indonesia
21 June 2021 16:11
Menteri Keuangan Sri Mulyani memberikan keterangan pers mengenai APBN KiTa (Tangkapan Layar Youtube Kemenkeu RI)

Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mencatat kenaikan drastis mobilitas penduduk selama kuartal II-2021. Bahkan angkanya sudah melebihi aktivitas ketika sebelum pandemi.

"Aktivitas masyarakat di kuartal II meningkat dan bahkan sudah melampaui pre pandemi," ungkap Sri Mulyani dalam konferensi pers, Senin (21/6/2021).

Sri Mulyani menjelaskan, lonjakan mobilitas ini dipengaruhi oleh aktivitas masyarakat di supermarket dan peritel untuk kebutuhan Hari Raya. Di sisi lain beberapa waktu sebelumnya, kasus covid juga berada dalam tren penurunan. Sehingga mendorong masyarakat untuk berani ke tempat wisata.


"Dalam 4 bulan terakhir mencapai angka positif 0,2," jelasnya.

Akan tetapi memasuki akhir kuartal, yaitu pertengahan Juni, mobilitas kembali menurun. Ini disebabkan oleh ledakan kasus covid di beberapa daerah sebagai dampak dari lemahnya protokol kesehatan ketika masa libur Lebaran.

"Ini harus kita waspadai, hati-hati," tegas Sri Mulyani.

Sebelumnya, Sri Mulyani meyakini ekonomi pada kuartal ini akan mencapai 7,1-8,3%. Akan tetapi dengan kenaikan kasus covid yang tinggi, maka proyeksi tersebut bisa saja terpengaruhi.

"Ini bisa mempengaruhi outlook perekonomian kita," pungkasnya.


[Gambas:Video CNBC]

(mij/mij)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading