Covid-19 Meledak, RI Tetap Optimis Herd Immunity Tercapai

News - Yuni Astutik, CNBC Indonesia
15 June 2021 18:10
Sejumlah warga mengikuti program vaksin di SMA Percik Jakarta, Kamis, 10/6. Sasaran vaksinasi COVID-19 kini diperluas hingga kelompok usia 18 tahun ke atas. Saat ini, baru DKI Jakarta yang secara terbuka menyasar kelompok usia 18 tahun ke atas dalam program vaksinasi COVID-19. Kementerian Kesehatan dalam suratnya untuk Dinas Kesehatan DKI menyebut ada beberapa pertimbangan soal itu. Salah satunya, kasus aktif di DKI terhitung tinggi dalam beberapa waktu belakangan yakni 7,62 persen dalam sepekan terakhir. Dari angka tersebut, 35 persen kasus positif memiliki gejala sedang hingga kritis dan perlu dirawat di rumah sakit. Vaksinasi COVID-19 untuk kelompok 18 tahun ke atas di DKI akan menggunakan vaksin AstraZeneca. Tidak ada pertimbangan khusus, mengingat DKI memang mendapat banyak alokasi vaksin jenis tersebut. (CNBC Indonesia/ Muhammad Sabki)

Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah melalui Satgas Covid-19 optimistis bahwa target herd immunity bisa tercapai, contohnya di wilayah DKI Jakarta.

"Melihat perkembangan yang ada, optimis mencapai target. Contohnya DKI mencapai 61,93% pemberian dosis kedua. Herd immunity setidaknya 70% populasi tervaksinasi," ujar Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito di Jakarta, Selasa (15/6/2021).

Sementara itu, Wiku juga berbicara mengenai alokasi vaksinasi di kota kecil yang dinilai lebih sulit dilakukan dibanding dengan kota besar. Menurut dia, saat ini pemerintah terus berusaha mengalokasikan vaksin ke kota kecil sehingga seluruh masyarakat bisa terjangkau.


"Bekerjasama dengan tokoh agama, tokoh lain guna menyosialisasikan pentingnya vaksin, menangkal hoax. Masyarakat perlu memastikan kebenaran vaksinasi dengan memeriksa ke sumber yang bisa dipertanggungjawabkan," tegasnya.

Sebagai informasi hingga saat ini vaksinasi tahap pertama sudah diberikan kepada 20,4 juta penduduk Indonesia. Sementara itu, vaksinasi tahap dua sudah diberikan kepada 11,6 juta orang.

Adapun di DKI Jakarta, saat ini sebanyak 2,8 juta orang telah di vaksinasi tahap pertama. Kemudian sebanyak 1,86 juta orang telah divaksinasi tahap kedua. Untuk vaksin gotong royong, ada 41.244 vaksin dosis datu dan 4.852 vaksin dosis 2.


[Gambas:Video CNBC]

(yun/yun)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading