Roundup

Terkuak! Gegara Ini Jokowi Marah Lagi di Depan Para Menteri

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
31 May 2021 10:15
foto/ Sambutan Presiden Jokowi pada Peluncuran Program Literasi Digital Nasional, 20 Mei 2021/Youtube : Setpres

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali meluapkan kejengkelannya di depan para jajaran Kabinet Indonesia Maju. Kali ini, kemarahan kepala negara berkaitan dengan pembangunan infrastruktur dan bantuan sosial (bansos).

Kekesalan Jokowi tumpah ruah saat membuka peresmian rapat koordinasi pengawasan intern pemerintah tahun 2021 di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Kamis (27/5/2021), seperti dikutip CNBC Indonesia, Senin ini (31/5/2021).

Mulanya, Jokowi menekankan bahwa tahun ini adalah tahun percepatan pemulihan ekonomi nasional. Pemerintah pun telah habis-habisan dengan mengalokasikan dana jumbo yang jumlahnya tak main-main, hingga nyaris Rp 700 triliun.


"Kita harus kejar-kejaran dan tepat sasaran agar ekonomi kita bisa bangkit lagi," kata Jokowi.

Jokowi kemudian menyentil serapan anggaran baik pemerintah pusat maupun pemerintah daerah yang masih lamban. Padahal, pemerintah memiliki target yang cukup ambisius agar ekonomi tumbuh di atas 7% pada kuartal II-2021.

"Kalau ini gak ketemu angka 7% untuk mengejar pertumbuhan ekonomi 2021 juga bisa jadi tidak tercapai, walau kita tahu ada ketidakpastian ekonomi global dan ketidakpastian karena pandemi," jelasnya.

Kepala Negara lantas membahas mengenai kualitas perencanaan program tiap kementerian lembaga maupun pemerintah daerah yang masih belum jelas. Jokowi, kembali dibuat mengerutkan dahinya.

"Saya masih melihat ada program yang tidak jelas ukuran keberhasilannya. Tidak jelas sasarannya, anggaran ini mau disasar," kata mantan Gubernur DKI Jakarta ini.

Jokowi menilai hal tersebut akhirnya berimbas pada pencapaian tujuan program yang tidak tepat, bahkan tidak sinkron dengan program lainnya. Kepala negara bahkan masih melihat masih ada kesenjangan antara pembangunan pusat maupun daerah.

"Ini masih terjadi, saya melihat saya di lapangan terus," jelasnya.

NEXT: Dari Infrastruktur hingga Bansos

Dari Infrastruktur hingga soal Bansos
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading