Ibu Kota Baru Mau Dibangun Jalur Kereta, Ini Bocoran Rutenya

News - Emir Yanwardhana, CNBC Indonesia
25 May 2021 20:19
Tiga kereta Mass Rapid Transit (MRT) telah tiba di Depo MRT di Lebak Bulus, Jakarta, Minggu (8/4/2018) dini hari. (twitter @mrtjakarta)

Jakarta, CNBC Indonesia - Pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) baru di Kalimantan Timur akan dilengkapi fasilitas kereta api cerdas. Pembangunan moda transportasi yang modern merupakan dukungan konektivitas di wilayah pusat pemerintahan masa depan Indonesia ini.

Dirjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan, Zulfikri mengatakan tiga koridor kereta api yang akan beroperasi di IKN baru. Pertama, koridor Bandara Sepinggan - KIPP (Kawasan Inti Pemerintah Pusat) , dengan jarak sekitar 74 kilometer. Kereta api ini akan mengangkut 1,62 juta orang per tahun atau sekitar 5.000 orang per hari.

Kedua, Koridor kereta api, perkotaan Balikpapan dan sekitarnya yang memiliki panjang 140 kilometer. Diprediksi koridor ini akan mengangkut 432 ribu orang per tahun. Ketiga, untuk regional Samarinda - Balikpapan merupakan koridor Trans Kalimantan Railway.


"Koridor kereta api yang bakal beroperasi di IKN masing-masing Bandara Sepinggan - KIPP bakal ditempuh selama 50 menit, sementara koridor kereta antar kota untuk penumpang selama 120 menit dan untuk barang 180 menit," kata Zulfikri dalam webinar Balitbang Perhubungan, Selasa (25/5/2021).

Dari tiga koridor ini akan dilihat mana yang akan dibangun, sesuai dengan permintaan di kawasan ibu kota itu. Menurut Zulfikri dari analisis yang dilakukan kementerian saat ini yang menjadi prioritas adalah Bandara Sepinggan sampai KIPP, disusul kereta api regional.

"Tiga koridor ini sudah disiapkan, yang sudah didesain dan direncanakan sejak lama," jelasnya.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Cek! Ada 9 Jalur Kereta Api Baru Tahun Depan, Ini Lokasinya


(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading