Fakta-fakta PNS Work From Bali, Simak nih!

News - Emir Yanwardhana, CNBC Indonesia
24 May 2021 09:33
Presiden Jokowi Tinjau Vaksinasi Massal, Gianyar - Bali, (16/3/2021). (Dok: Biro Pers Sekretariat Presiden)

Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah mau mencanangkan bekerja dari Bali atau work from Bali bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) atau Pegawai Negeri Sipil (PNS) di tujuh kementerian di bawah koordinasi Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi.

Adanya program ini dianggap dapat menaikkan permintaan bagi sektor pariwisata di Pulau Dewata.

Sebagai informasi program ini akan diikuti tujuh kementerian lembaga di Bawah Kemenko Marves, yakni Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Kemenparekraf, Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Kementerian Investasi.


Sebanyak 16 hotel yang berada dalam kawasan The Nusa Dua telah berkoordinasi dengan Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) selaku pengelola kawasan pariwisata The Nusa Dua untuk melakukan kerjasama dalam penyediaan akomodasi dan fasilitas hotel dengan Kemenko Marves.

Kondisi Bali Memprihatinkan

Deputi Bidang Koordinasi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kemenko Marves, Odo R.M Manuhutu menjelaskan program ini sudah dibahas dari beberapa bulan lalu. Melihat ekonomi Bali yang masih terkontraksi mencapai 9,36% di tahun 2020.

"Di mana tingkat kunjungan Bali minim, tingkat okupansi hotel hanya 10%, hotel tidak cukup bayar gaji karyawan, maintenance juga tidak cukup," jelasnya dalam Konferensi Pers Virtual, Sabtu (22/5/2021).

Odo bercerita banyak karyawan pelaku industri pariwisata yang dirumahkan juga. Kondisinya saat ini, dari total 140 ribu kamar di Bali yang terisi hanya 10%. Sementara untuk menjalankan operasional paling tidak tingkat keterisian hotel mencapai 30% - 40%.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia di Bali, Trisno Nugroho menjelaskan wisatawan domestik dan mancanegara turun drastis. Kuartal I tahun ini turun 99%, hanya 349 ribu year on year. Sementara wisatawan domestik hanya 417 ribu turun 57,97% yoy.

"Tingkat Dana Pihak Ketiga (DPK) Bali juga melambat di Bali, artinya banyak masyarakat di Bali yang sudah makan tabungan, dan perusahaan sudah banyak ambil giro, beda dengan arah provinsi lain," jelasnya.

Trisno melanjutkan kredit restrukturisasi di Bali juga sudah besar mencapai 30% dari portofolio kredit di Bali yang mencapai Rp 105 triliun. Artinya perusahaan yang tergantung dari pariwisata sudah melakukan restrukturisasi.

"Tingkat pengangguran di Bali juga naik, pada 2020 Bali itu terendah hanya 1,52%, sekarang dari nomor satu terkecil menjadi nomor 25. Karena banyak hotel merumahkan pekerja," jelasnya.

NEXT: Simak Fakta Lainnya

Sederet Fakta Lainnya
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading