Heboh Hotel-hotel di Surabaya-Bandung Diobral Murah, Ada Apa?

News - Ferry Sandi, CNBC Indonesia
20 May 2021 08:55
Elmi Hotel (Tangkapan Layar Website elmihotel.co.id dan Lamudi)

Jakarta, CNBC Indonesia - Banyak pengelola hotel yang akhirnya mulai angkat tangan dengan menutup usahanya setelah satu tahun terkena pandemi Covid-19. Mereka tidak kuat untuk menahan biaya operasional yang besar, mulai dari listrik air hingga kebutuhan pegawai.

Di Surabaya Jawa Timur (Jatim) misalnya, hotel bintang 5 pun sudah menyatakan tutup antara lain Grand Tulip Legacy Surabaya.

Di Jawa Barat juga sama, tidak sedikit hotel yang akhirnya harus menutup usaha. Beberapa hotel berbintang di Bandung seperti di Dago banyak yang diobral. Di situs jual beli online Lamudi misalnya, hotel-hotel di Bandung ditawarkan dari harga Rp 20-an miliar sampai ratusan miliar rupiah.


"Saya dengar-dengar saja banyak yang tutup, nggak sedikit, banyak jumlahnya," kata Ketua Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Jawa Barat Herman Muchtar kepada CNBC Indonesia, dikutip Kamis (20/5/21).

Tutupnya banyak hotel di Jawa Barat karena tidak mampu untuk menahan biaya operasional yang menggunung. Ketika hotel tutup, biaya tetap seperti listrik dan air tetap terkena abodemen. Selain itu, gaji pegawai pun harus terpangkas sesuai kesepakatan antara pemilik dan karyawan.

"Iya, sekarang kalau nggak ada tamu gimana. Karyawan dari 80 orang tinggal 25 orang, sekarang mau dikurangi lagi kan kasihan. Gaji karyawan sudah mau kompromi dengan pemilik hotel, ada yang gaji 40% 50% 60%, ada yang 2 hari kerja, 2 hari nggak," sebut Herman.

Kondisi makin diperparah dengan kebijakan pemerintah yang kerap berubah. Pengusaha hotel sudah berkali-kali mengalami gelombang refund atau pengembalian tiket dari pengunjung karena sejumlah kebijakan, misalnya larangan mudik maupun bepergian ke luar kota.

"Kalau dari awal tahu kondisi begini, saya kira dari awal banyak hotel yang tutup, tapi ini kondisi dadakan," ujarnya.

Fenomena tutupnya banyak hotel di Jawa Barat menjadi contoh masifnya penutupan hotel di seluruh Indonesia. Berdasarkan catatan PHRI Pusat, per Agustus tahun lalu ada 1.504 hotel yang harus tutup akibat wabah virus corona.

Sebagian masuk ke dalam ketegori tutup sementara, namun kini tidak menutup kemungkinan sudah ada yang masuk ke dalam tutup permanen.


[Gambas:Video CNBC]

(tas/tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading