Hotel-Hotel Mulai Diobral, Golden Tulip Surabaya Tutup Total!

News - Ferry Sandi, CNBC Indonesia
19 May 2021 12:55
hotel red planet

Jakarta, CNBC Indonesia - Banyak hotel-hotel di Surabaya dijual di situs jual beli online oleh para pemiliknya. Harganya beragam, mulai dari Rp 6 miliar hingga triliunan rupiah.

Fenomena ini terjadi sejak pandemi hingga saat ini di berbagai kota Indonesia selain Surabaya. Bahkan ada pemilik hotel yang akhirnya memilih tutup total usahanya karena pukulan berat pandemi. Di Surabaya ada hotel bintang 5 Golden Tulip Legacy sudah dinyatakan tutup oleh asosiasi hotel yang menaunginya.

"Itu sebetulnya urusan intern, tapi sejak Desember 2020 atau awal 2021 sudah melaporkan (tutup)," kata Ketua Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia Jawa Timur (PHRI Jatim) Dwi Cahyono kepada CNBC Indonesia, dikutip Rabu (19/5/21).


Penawaran hotel dijual murah alias diobral memang sering menghiasi jagat toko online. Di situs jual beli properti Lamudi misalnya, dijual sebuah hotel di kawasan Keputih dengan harga Rp 6 miliar, terdiri dari 4 lantai dengan 25 kamar tidur. Namun statusnya sebagai Sertifikat Hak Guna Bangunan (SHGB).

Ada juga hotel bintang 3 di kawasan Jemursari, Surabaya Selatan yang dibanderol Rp 65 miliar. Hotel ini mencakup 74 kamar full furnish serta 4 ruang multifunction, luas tanahnya 905 m2, luas bangunan 3.085 m2 serta dibangun dengan 6 lantai. Sang pihak penjual mengklaim hotelnya punya tingkat okupansi sebanyak 65-70% per tahun.

Juga ditawarkan hotel bintang 3 di wilayah pusat kota Surabaya, yakni di kawasan Genteng, harganya mencapai Rp 190 miliar. Hotel ini terdiri dari 100 kamar tidur dengan 8 lantai, luas tanahnya 2.127 m2 serta luas bangunan 7.000 m2, statusnya Sertifikat Hak Milik (SHM).

Bahkan hotel papan atas seperti JW Marriot di Surabaya dilaporkan berstatus dijual. Sejak tahun lalu, hotel ini sudah dijajakan kepada investor anyar, harganya fantastis yakni Rp 2,7 triliun. Hotel ini masuk kategori bintang 5 dengan fasilitas 407 kamar serta 4 restoran, bangunan terdiri dari 25 lantai.


[Gambas:Video CNBC]

(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading