Positivity Rate 4%, Malaysia Lockdown! RI yang 11% Apa Kabar?

News - Hidayat Setiaji, CNBC Indonesia
11 May 2021 14:15
Antrean calon penumpang pesawat yang melakukan test rapid  di Shelter Kalayang Terminal 2 Bandara Soekarno-Hatta, Senin (21/12/2020). Antren panjang ini terjadi karena banyak penumpang yang ingin melakukan rapid test antigen yang disediakan pihak bandara. Terminal 2 Bandara Soekarno Hatta sempat ramai tadi pagi. Antrean mengular karena antrean rapid test penumpang. Pantauan CNBC pukul 11.30 terlihat antrian namun sudah kondusif. Sejumlah calon penumpang yang menunggu di luar area ruang test bisa duduk. Jelang liburan Natal dan akhir tahun, pemerintah menerapkan syarat minimal berupa hasil tes rapid antigen bagi traveler yang mau bepergian naik kereta api, pesawat terbang hingga kendaraan pribadi. (CNBC Indonesia/ Muhammad Sabki)

Jakarta, CNBC Indonesia - Tahun lalu, pemerintah meminta warga untuk merayakan Hari Raya Idul Fitri dengan #dirumahaja. Jangan mudik, karena pandemi virus corona (Coronavirus Disease-2019/Covid-19) sedang ganas-ganasnya.

Setahun kemudian, situasi serupa masih terjadi. Pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melarang masyarakat untuk berlebaran di kampung halaman karena pandemi belum berakhir.

Akan tetapi, meski sudah dijaga cukup ketat, tetap masih ada orang-orang yang berhasil lolos dari penyaringan dan melanjutkan perjalanan ke udik. Pemerintah pun melakukan uji (test) kepada para pemudik dan hasilnya cukup mencengangkan.


"Pengetatan (larangan mudik) oleh Polri di 381 lokasi dan Operasi Ketupat. Jumlah pemudik random testing dari 6.742, konfirmasi positif 4.123 orang," ungkap Airlangga Hartarto, Menko Perekonomian yang juga Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional, kemarin.

Angka itu tentu sangat mengkhawatirkan. Dari 6.742 orang yang diuji, lebih dari 61% ternyata positif mengidap virus yang awalnya mewabah di Kota Wuhan, Provinsi Hubei, Republik Rakyat China itu.

Perlu diingat bahwa uji itu dilakukan secara acak, hanya 'mencomot' sebagian orang, tidak semua. Jika seluruh pemudik diuji, maka sangat mungkin angka positif yang keluar bakal jauh lebih tinggi.

Halaman Selanjutnya --> Berapa Positivity Rate Indonesia?

Berapa Positivity Rate Indonesia?
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading