Indonesia Mau 'Lulus' Resesi! Nggak Percaya, Lihat Data Ini

News - Hidayat Setiaji, CNBC Indonesia
10 May 2021 12:45
Pengunjung memilih barang yang didiskon mulai dari 20-70% di Department Store Debenhams di Kawasan Senayan City, Jakarta, Jumat (29/12/2017). Berkembangnya teknologi membuat daya beli masyarakat menurun, sehingga menjadi salah satu penyebab tutupnya Debenhams di Indonesia akhir tahun ini.

Jakarta, CNBC Indonesia - Pada kuartal I-2021, ekonomi Indonesia masih terjebak di 'jurang' resesi. Namun pada kuartal II-2021, kemungkinan besar resesi itu bakal pergi.

Badan Pusat Statistik (BPS) mengumumkan ekonomi Indonesia pada tiga bulan pertama tumbuh -0,74% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya (year-on-year/yoy). Pertumbuhan negatif alias kontraksi ini sudah terjadi selama empat kuartal beruntun. Padahal kontraksi ekonomi dua kuartal berturut-turut saja sudah masuk definisi resesi.

 


Namun pagi ini, Bank Indonesia (BI) membawa kabar gembira. Setelah setahun 'tiarap', akhirnya konsumen Indonesia kembali percaya diri dalam memandang perekonomian.

Hal ini tercermin dalam Survei Konsumen edisi April 2021 di mana Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) berada di 101,5. Naik dibandingkan bulan sebelumnya yang sebesar 93,4.

IKK menggunakan angka 100 sebagai titik mula. Kalau sudah di atas 100, maka artinya berada di zona optimistis, konsumen pede dalam memandang prospek perekonomian saat ini hingga enam bulan ke depan.

IKK adalah salah satu indikator mula (leading indicator) yang berguna untuk 'menerawang' arah perekonomian ke depan. Jadi saat IKK positif, maka kemungkinan prospek ekonomi ke depan bakal cerah.

"IKK April 2021 merupakan angka optimistis pertama sejak April 2020. Keyakinan konsumen terpantau membaik pada seluruh kategori tingkat pengeluaran responden, tingkat pendidikan, dan kelompok usia responden. Secara spasial, keyakinan konsumen membaik di seluruh kota yang disurvei (18 kota), tertinggi di kota Padang, diikuti oleh Bandung dan Pangkal Pinang," sebut keterangan tertulis BI, Senin (10/5/2021).

Halaman Selanjutnya --> Konsumen Tampak Kian Pede

Konsumen Tampak Kian Pede
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading