Hari Ini Mungkin Berat, Tapi Esok 'Kan Masih Ada...

News - Hidayat Setiaji, CNBC Indonesia
08 March 2021 13:15
Pengunjung berbelanja di Matahari Store dikawasan Jakarta, Senin (30/11/2020). PT Matahari Departement Store Tbk (LPPF) menutup 6 gerainya hingga akhir tahun ini. Jumlah gerai perusahaan ritel ini akan berkurang dari 153 toko menjadi 147 toko.  (CNBC Indonesia/ Tri Susilo)

Jakarta, CNBC Indonesia - Keyakinan konsumen Indonesia pada Februari 2021 membaik dibandingkan bulan sebelumnya. Namun masih sangat jauh dibandingkan level sebelum pandemi virus corona (Coronavirus Disease-2019/Covid-19).

Hal ini tergambar dalam hasil Survei Konsumen yang dilakukan Bank Indonesia (BI). Pada Februari 2021, Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) tercatat 85,8, membaik ketimbang bulan sebelumnya yang sebesar 84,9.

IKK menggunakan angka 100 sebagai titik mula. Kalau masih di bawah 100, maka artinya konsumen belum percaya diri dalam menghadapi situasi ekonomi. Jadi keyakinan konsumen di Tanah Air masih jauh dari kata optimistis.


IKK terbagi menjadi dua sub-indeks besar yaitu Indeks Kondisi Ekonomi Saat Ini (IKE) dan Indeks Ekspektasi Konsumen (IEK). IKE adalah yang menggambarkan pandangan rumah tangga terhadap kondisi ekonomi sekarang, yang di depan mata.

Pada Februari 2021, IKE juga masih berada di level pesimistis yaitu 65,1. Namun membaik ketimbang bulan sebelumnya yaitu 63.

"Pada Februari 2021, persepsi konsumen terhadap kondisi ekonomi saat ini terpantau membaik dari bulan sebelumnya meski levelnya masih cukup rendah dan berada di zona pesimistis. Proses penanganan Covid-19 melalui kegiatan vaksinasi yang terus berlanjut, didukung oleh pemulihan ekonomi masyarakat melalui distribusi bantuan sosial, ditengarai mendorong perbaikan persepsi konsumen terhadap kondisi ekonomi," papar laporan BI.

Saat IKE membaik, IEK justru sebaliknya. Pada Februari 2021, IEK ada di 106,5, sedikit lebih rendah ketimbang bulan sebelumnya yakni 106,7.

Meski berkurang, tetapi di sinilah konsumen merasa optimistis karena nilai indeks yang di atas 100. Artinya, konsumen merasa hari esok (hingga enam bulan ke depan) akan lebih baik dari hari ini.

Halaman Selanjutnya --> Kurva Kasus Corona Melandai

Kurva Kasus Corona Melandai
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading