Wow.. Ekonomi RI -0,74%, Nomor 2 di Asia! Tapi dari Bawah...

News - Hidayat Setiaji, CNBC Indonesia
06 May 2021 12:02
Aksi massa  yang menggelar demo menolak Omnibus Law UU Cipta Kerja menaiki Patung Kuda Arjuna Wiwaha yang berlokasi di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Selasa (20/10). Mereka lalu mengibarkan bendera merah putih di patung tersebut. (CNBC Indonesia/Tri Susilo)

Jakarta, CNBC Indonesia - Kemarin, Badan Pusat Statistik (BPS) mengumumkan angka pertumbuhan ekonomi kuartal I-2021. Hasilnya, Produk Domestik Bruto (PDB) Ibu Pertiwi tumbuh negatif atau terkontraksi 0,74% dibandingkan periode yang sama tahun lalu (year-on-year/yoy).

Dengan demikian, kontraksi ekonomi Indonesia genap terjadi selama empat kuartal beruntun atau tepat setahun. Indonesia masih terjebak di 'jurang' resesi ekonomi.

Namun masih ada kabar baik. Setidaknya kontraksi ekonomi Indonesia semakin landai.


Pada kuartal II-2020, pertumbuhan ekonomi tercatat -5,32% yoy, terparah sejak 1998. Pada kuartal I-2021, kontraksinya sudah di bawah 1% yoy.

Sebelumnya, sejumlah negara telah merilis pencapaian pertumbuhan ekonomi kuartal I-2021. Bagaimana kinerja Indonesia dibandingkan negara-negara tersebut?

Well, ternyata tidak terlalu baik. Mengutip catatan Trading Economics, ada delapan negara yang sudah mengumumkan angka pertumbuhan ekonomi Januari-Maret 2021. Dari delapan negara itu, Indonesia menempati urutan kedua dari bawah, hanya lebih baik dari Kazakhstan.

Halaman Selanjutnya --> Corona Mengancam Asia

Corona Mengancam Asia
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading