Mamma Mia! Penjualan Mobil Italia Naik 3.000-an Persen

News - Hidayat Setiaji, CNBC Indonesia
07 May 2021 10:50
Fiat

Jakarta, CNBC Indonesia - Pemulihan ekonomi karena pandemi virus corona (Coronavirus Disease-2019/Covid-19) semakin terlihat. Permintaan sudah jauh membaik dibandingkan masa-masa awal pandemi setahun lalu.

Salah satunya terlihat dari angka penjualan mobil. Mengutip catatan MarkLines, pertumbuhan penjualan mobil di berbagai negara melambung tinggi. Bahkan ada yang tumbuh sampai ribuan persen.


Dua negara Eropa, Italia dan Spanyol, mencatatkan pertumbuhan paling impresif. Kenapa bisa begitu?

Ingat, angka ini adalah pertumbuhan tahunan (year-on-year/yoy), April 2021 dibandingkan April 2021. Tahun lalu, dua negara ini sedang jatuh-jatuhnya, jadi episentrum pandemi virus corona di Benua Biru. Sekarang kondisi sudah jauh lebih baik, warga bisa melakukan aktivitas di luar rumah meski masih ada pembatasan di sana-sini.

Well, inilah yang disebut efek basis yang rendah atau low base effect dalam perhitungan statistik. April 2020 yang dijadikan pembanding, dijadikan patokan, begitu menyedihkan.

Sebagai gambaran, penjualan mobil di Italia sepanjang April 2020 cuma 4.279 unit. Ini adalah yang terendah setidaknya sejak 1967.

So, kalau melihat angka April 2020 yang begitu memprihatinkan, maka pasti pertumbuhan penjualan mobil April 2021 bakal meroket. Mau bagaimana lagi, pembandingnya rendah sekali....

Halaman Selanjutnya --> Rumah Tangga dan Dunia Usaha Bergairah

Rumah Tangga dan Dunia Usaha Bergairah
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading