Proyek Ini Bakal Rampung, Jakarta Bebas Banjir Tahun Depan?

News - Emir Yanwardhana, CNBC Indonesia
06 May 2021 10:45
Banjir rendam mobil di Kemang (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)

Jakarta, CNBC Indonesia - Setiap tahunnya wilayah ibu kota pasti mengalami bencana banjir, terlihat dari dua tahun terakhir persis setelah berganti tahun. Kerugian ekonomi tak bisa dihindarkan yang mencapai angka miliaran hingga triliunan.

Kabar baiknya, proyek anti banjir mulai selesai pada pertengahan tahun ini dan diharapkan ampuh untuk mengatasi banjir di ibu kota.

Percepatan proyek dilakukan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Kementerian ATR/BPN, juga Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) supaya Jakarta tidak tergenang.


Bendungan Sukamahi

Bendungan Sukamahi memiliki fungsi utama pengendali banjir sampai ke Jakarta dengan konsep bendungan kering/dry dam. Sehingga pada awal musim hujan, elevasi muka air waduk diatur berada pada level yang rendah/kosong. Ketika saat terjadi hujan dengan debit air tinggi dapat langsung diteruskan ke hilir.

Bendungan anti banjir ini memiliki volume tampung sebesar 1,68 juta meter kubik dan luas area genangan 5,23 hektar. Dibangun dengan nilai kontrak Rp 447,39 miliar dibangun oleh PT Wijaya Karya - Basuki KSO. Saat ini progres fisik bendungan mencapai 74,12% ditarget rampung pada Juli 2021.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono menjelaskan bendungan ini tidak hanya diharapkan menjadi pengendali Ibu Kota Jakarta, tapi juga akan dibangun tempat ecowisata kawasan puncak Bogor.

"Ada pengembangan ecowisata di bendungan ini memanfaatkan potensi sumber daya alam dan mengedepankan perlindungan ekosistem," jelas Basuki dalam keterangan resmi, (5/5/2021).

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan Bendungan Ciawi maupun Sukamahi dibangun sebagai bagian dari rencana induk pengendalian banjir Ibu Kota Jakarta.

"Tapi kita sudah lihat dua bendungan itu akan terus kita dorong selesai di bulan Juli tahun 2021," kata Luhut. Dia menegaskan penanganan banjir di ibu kota diperlukan Kerjasama yanh baik antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah.

Bendungan Ciawi
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2 3
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading