2030 Dunia Bakal Dibanjiri Mobil Listrik, Bisa Capai 145 Juta

News - Anisatul Umah, CNBC Indonesia
05 May 2021 20:03
Tesla Model X. CNBC Indonesia/Andrean Kristianto

Jakarta, CNBC Indonesia - Badan Energi Internasional (International Energy Agency/ IEA) memproyeksikan sampai dengan akhir 2030 jumlah kendaraan listrik di dunia akan mencapai 145 juta unit, terdiri dari mobil listrik, bus, van, dan truk berat.

Namun jika pemerintah meningkatkan upaya dalam memenuhi sasaran energi dan iklim internasional, maka peningkatannya bisa melonjak sangat tajam, yakni bisa mencapai 230 juta pada akhir dekade ini.

Sebanyak tiga juta mobil listrik baru terdaftar pada tahun lalu, naik 41% dibandingkan dengan 2019. Peningkatan ini akan mendorong jumlah total kendaraan listrik di jalan raya menjadi lebih dari 10 juta, ditambah dengan sekitar 1 juta bus listrik, van, dan truk berat.


Fatih Birol, Direktur Eksekutif IEA, mengatakan tahun 2020 lalu di tengah situasi pandemi Covid-19 yang membuat pasar mobil mengalami koreksi sebesar 16%, penjualan mobil listrik justru mengalami kenaikan.

Pada kuartal pertama 2021, penjualan mobil listrik hampir dua setengah kali lipat dibandingkan periode yang sama di tahun 2020.

"Meskipun mereka tidak dapat melakukan pekerjaan itu sendiri, kendaraan listrik memiliki peran yang sangat penting untuk dimainkan dalam mencapai emisi nol di seluruh dunia," ungkapnya, seperti dikutip dari CNBC Internasional, Rabu (05/05/2021).

Dia pun mengimbau agar pemerintah menggunakan paket pemulihan ekonomi Covid-19 untuk berinvestasi dalam pembuatan baterai dan pengembangan infrastruktur pengisian daya yang tersebar luas dan andal.

IEA mencatat pengeluaran konsumen untuk mobil listrik pada 2020 mencapai US$ 120 miliar, meningkat 50% dibandingkan 2019.

Pemerintah di seluruh penjuru dunia kini berupaya meningkatkan jumlah kendaraan rendah emisi dan nol emisi dalam upaya mengatasi polusi udara dan menjauh dari mesin pembakaran internal.

Inggris misalnya, telah mengumumkan rencana untuk menghentikan penjualan mobil dan van berbasis diesel dan bensin mulai 2030.

Sementara itu, komisi Eropa menginginkan setidaknya 30 juta mobil tanpa emisi di jalan raya pada 2030.


[Gambas:Video CNBC]

(wia)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading