Gak Cuma PTBA, Ini Sederet Perusahaan Batu Bara Bangun PLTS

Market - Emir Yanwardhana, CNBC Indonesia
05 May 2021 17:40
Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS). (CNBC Indonesia/ Andrean Krtistianto)

Jakarta, CNBC Indonesia - Makin gencarnya kampanye anti batu bara dunia dan digaungkannya transisi energi ke energi ramah lingkungan atau pun energi baru terbarukan (EBT), tak ayal membuat perusahaan tambang juga harus menyusun strategi agar sejalan dengan kesepakatan dunia untuk mengurangi emisi karbon.

Sejumlah perusahaan tambang batu bara di dalam negeri pun kini kompak melakukan diversifikasi bisnis ke proyek energi baru terbarukan, salah satunya Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS).

Direktur Utama PT Bukit Asam (Persero) Tbk Suryo Eko Hadianto mengatakan perusahaan tambang milik negara ini mulai berkeinginan membesarkan porsi produksi listrik bersih dari Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS).


Perusahaan pun berencana membangun PLTS berkapasitas 100 MW di lahan pasca tambang Ombilin, Sumatera Barat.

"Kita punya lahan besar sekali, sudah dibebaskan dan itu jadi cost tambang, ini modal utama untuk membangun PLTS, jadi tidak butuh capex (belanja modal) lahan. Tinggal gelar saja solar cell (panel surya) di atasnya," jelasnya dalam sebuah webinar, Rabu (5/5/2021).

Saat ini pihaknya pun masih menunggu Rancangan Peraturan Presiden terkait tarif EBT diterbitkan pemerintah, sehingga PLN bisa menyerap produksi listrik dari PLTS bekas area tambang.

Hal serupa diungkapkan Direktur Utama Mitrabara Adiperdana, Khoirudin. Dia mengatakan, salah satu anak usaha PT Cipta Tenaga Surya yang bergerak di bidang pengembangan sistem solar panel (panel surya) juga ingin memperbesar porsi dari listrik yang dihasilkan. Sampai lima tahun ke depan kapasitas PLTS ditargetkan mencapai 100 MW.

"Dalam peran mendorong green energy di Indonesia, kita punya target 20 MW di tahun ini, lima tahun ke depan jadi 100 MW," ujarnya.

Dari catatan CNBC Indonesia, salah satu PLTS yang dimiliki Mitrabara ada di Kalimantan Utara sebesar 5 MW, dibangun bersama dengan perusahaan multinasional bernama ENGIE.

Konversi Diesel ke Panel Surya untuk Operasional
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading