Larangan mudik Lebaran 2021

Warning Polri: Percuma Lewat Jalan 'Tikus', Pasti Ketahuan!

News - Emir Yanwardhana, CNBC Indonesia
05 May 2021 10:25
Pos penyekatan arus mudik cirebon Foto: Pos penyekatan arus mudik Cirebon

Jakarta, CNBC Indonesia - Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) telah menyiapkan langkah menjelang pemberlakuan larangan mudik, Kamis (6/5/2021). Dalam acara FMB9 "Jaga Keluarga, Tidak Mudik" yang berlangsung virtual, Rabu (5/5/2021), Kepala Badan Pemelihara Keamanan Polri Komjen Pol Arief Sulistyanto mengungkapkan ratusan titik penyekatan telah disiapkan Polri.

"Ada 381 titik penyekatan dan itu sudah mulai aktif mulai 24.00 nanti malam. Ini diharapkan masyarakat tidak kucing-kucingan karena akan merugikan diri sendiri," kata Arief.

"Dari seluruh jalur yang ada, bisa saja dia melalui jalur tikus. Tapi jalur tikus itu tidak mungkin bawah ke lubang bawah tanah pasti akan masuk ketemu ke jalur utama yang mau tidak mau harus lewat situ. Pasti akan ketahuan dari penyekatan yang kita lakukan," lanjutnya.



Oleh karena itu, Arief menyarankan masyarakat berdiam diri di rumah. Jangan sampai memaksakan diri menggunakan sarana transportasi travel tidak resmi. Sebab, nanti akan rugi karena tidak ada jaminan asuransi.

"Sampai saat ini sudah 159 travel yang tidak mempunyai izin operasi dilakukan penahanan oleh Korlantas Polri di seluruh jajaran. Ini nanti mudah-mudahan tidak akan berkembang lagi karena dengan adanya penahanan akan menimbulkan efek jera," ujar Arief.


Lebih lanjut, dia berpesan kepada masyarakat untuk tidak mudik demi menjaga kesehatan dan keselamatan diri sendiri.

"Mari kita biasakan tradisi baru bahwa mudik digital itu keren, cukup di rumah saja, karena banyak sekali keuntungannya. Kita tidak perlu mengeluarkan biaya lebih besar kita bisa menjaga keselamatan di jalan dan menjaga keselamatan dari Covid-19," ujar Arief.


[Gambas:Video CNBC]

(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading