Prabowo Masih Muter, Tetangga Sudah Borong Jet & Kapal Selam

News - Ferry Sandi, CNBC Indonesia
05 May 2021 03:30
Surat Prabowo

Jakarta, CNBC Indonesia - Menhan Prabowo dianggap selalu mengincar alat utama sistem persenjataan (alutsista) 'berkelas' yang bisa bikin efek gentar negara tetangga. Namun, sampai saat ini belum ada upaya akuisisi alutsista berat yang diincar terealisasi seperti jet tempur dan kapal selam. Di sisi lain, Indonesia baru saja kehilangan satu kapal selam KRI Nanggala 402 bersama 53 prajuritnya.

Menengok ke negeri jiran, ternyata negara  tetangga sebut saja Singapura sudah lebih cepat memoderdinasi alutsistanya. 

Singapura saat ini memiliki 4 kapal selam operasi, tapi saat ini dalam proses modernisasi. Straitstimes mengungkapkan bahwa Singapura akan mengganti empat kapal selam Challenger dan Archer Class, dengan empat kapal selam Invincible Class tipe 218SG buatan Jerman yang akan mulai pengiriman pada 2022.


Pada tahun lalu Menteri Pertahanan Singapura Ng Eng Hen mengaku pengiriman kapal selam sempat tertunda karena pandemi, yang harusnya bisa dikirim pada tahun ini.

Selain itu Singapura juga sedang menanti 12 jet tempur siluman yang bisa terbang dan mendarat vertikal F-35 dari AS. Sebanyak 4 unit pertama akan tiba pada 2026 sesuai dengan target. Indonesia pun berminat dengan jet F-35, sayangnya AS tak merestui memberikan ke Indonesia.

"Sejauh ini akuisisi berjalan terus, dan AS cukup responsif...," jelas Ng tahun lalu.

Halaman Selanjutnya >> Prabowo Sudah Keliling-Keliling

Prabowo Sudah Keliling-Keliling
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading