Internasional

Gak Cuma India, Covid di Negara-negara Ini Naiknya Ngeri!

News - Tommy Patrio Sorongan, CNBC Indonesia
21 April 2021 13:55
Delhi Police officers stop an autorickshaw at a check point during a weekend lockdown in New Delhi, India, Saturday, April 17, 2021. Over 200,000 new infections were detected in the past 24 hours, and major cities, like Mumbai and New Delhi, are under virus restrictions. (AP Photo/Altaf Qadri)

Jakarta, CNBC Indonesia - Kenaikan kasus Covid-19 di India telah menjadi fokus utama dunia. Pasalnya negara di Asia Selatan itu telah mencatat lebih dari tiga juta infeksi baru dan 18.000 kematian bulan ini,menjadikan beban kasusnya tertinggi kedua di dunia, setelah Amerika Serikat (AS).

Selain itu, akibat lonjakan luar biasa ini, fasilitas kesehatan disana juga dikabarkan hampir ambruk, dengan jumlah kasur di rumah sakit yang menipis dan kurangnya pasokan oksigen. Tak hanya itu, tempat pemakaman dan kremasi jenazah juga dikabarkan kewalahan dalam menampung korban meninggal dunia.


Bahkan di wilayah Lucknow, banyak rumah kremasi kehabisan kayu dan meminta orang untuk membawanya sendiri. Foto viral di media sosial menunjukkan becak listrik sarat dengan kayu gelondongan yang dibawa oleh para keluarga korban

Beberapa ahli percaya bahwa hal ini diakibatkan oleh warga yang tidak mau mematuhi protokol kesehatan. Dengan vaksinasi yang saat ini telah menyentuh 100 juta orang, warga India dirasa terlena untuk melonggarkan protokol.

Bahkan beberapa waktu lalu, sekitar 3 juta orang berkerumun dalam tradisi Kumbh Mela di tepi Sungai Gangga dan Yamuna. Mereka beramai-ramai mandi di sungai itu dan tidak mematuhi protokol yang ada.

Namun pada faktanya, tidak hanya India yang mengalami kenaikan kasus yang signifikan dalam beberapa minggu terakhir. Bahkan, kenaikan kasus ini juga dialami oleh negara-negara maju.

Negara apa sajakah itu. Berikut daftarnya:

Halaman 2>>>

Dari AS, Negeri Erdogan, sampai Jepang
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading