Internasional

Astaga! 50 Lebih Penumpang Pesawat dari India Positif Corona

News - Thea Fathanah Arbar, CNBC Indonesia
21 April 2021 11:55
Boeing 737 Max dapat kembali mengudara setelah Administrasi Penerbangan Federal Amerika Serikat (FAA) mengeluarkan izin pada Rabu (18/11/2020). (AP/Ted S. Warren)

Jakarta, CNBC Indonesia - Sebanyak 53 penumpang pesawat dalam penerbangan dari New Delhi, India, ke Hong Kong dinyatakan positif Covid-19. Hal ini diumumkan resmi pihak berwenang Hong Kong, Selasa (20/4/2021).

Penumpang tersebut ke kota otonomi China itu dengan penerbangan maskapai India, Vistara, 4 April lalu. Vistara disebut dapat menampung 188 orang meski tak ada keterangan resmi berapa total penumpang dalam penerbangan itu.


Selain penumpang asal New Delhi, otoritas juga menemukan penumpang terinfeksi di penerbangan Mumbai. Hasil positif didapat saat para pendatang diminta menjalani karantina tiga minggu.

Hong Kong merupakan salah satu wilayah dunia yang menerapkan prosedur ketat pada mereka yang datang. Semua pelancong yang terbang dari 25 tempat yang dianggap berisiko tinggi corona harus menunjukkan tes negatif 72 jam sebelum keberangkatan, termasuk, Inggris, Afrika Selatan hingga Amerika Serikat (AS).

Pengumuman ini menyusul larangan masuk penerbangan dari India, Pakistan dan Filipina sejak Senin lalu. "Negara-negara itu berisiko sangat tinggi," sebut otoritas Hong Kong ditulis Channel News Asia.

Hong Kong yang padat penduduk adalah salah satu tempat pertama yang terkena pandemi corona di awal 2020. Tetapi sejumlah pembatasan sosial, seperti tindakan jarak sosial yang ketat dan pemakaian masker telah membantu menjaga infeksi tetap stabil.

Tercatat Hong Kong memiliki total lebih dari 11.000 kasus dengan 209 kematian. Sekitar 9,8% dari 7,5 juta penduduk kota telah divaksinasi sejauh ini.


[Gambas:Video CNBC]

(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading