Ini Witjaksono, Tokoh NU yang Diisukan Jadi Menteri Investasi

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
20 April 2021 12:47
Witjaksono

Jakarta, CNBC Indonesia - Isu perombakan kabinet semakin santer terdengar. Baru-baru ini, Presiden Joko Widodo (Jokowi) bahkan telah memanggil tokoh muda Nahdlatul Ulama (NU).

Tokoh yang dimaksud adalah Witjaksono. Adapun pertemuan Witjaksono dan Jokowi sendiri berlangsung secara empat mata, seperti dikutip detik.com, Senin (19/4/2021).

"Sempet dipanggil, saya sudah beberapa kali diskusi dengan Pakde [Jokowi] sih. Saya sudah kenal sama Pakde sudah cukup lama, sudah dari 2015," kata Witjaksono saat dihubungi.

Witjaksono enggan memerinci lebih jauh waktu pertemuannya dengan Jokowi. Witjaksono hanya menceritakan inti pembicaraan dalam pertemuan dengan eks Gubernur DKI Jakarta itu.

"Kita membahas soal ekonomi sih. Saya kan memang pengusaha dan tokoh NU. Jadi memposisikan mengenai NU bagaimana, terus kemudian ekonomi bagaimana, intinya begitu," katanya.



"Karena jalur saya memang pengusaha multinasional, jadi bicara soal investasi, bicara mengenai rencana perkembangan ekonomi di Indonesia," ujar Witjaksono.

Witjaksono menyebut pembicaraannya dengan Jokowi tak merujuk spesifik soal menteri, sembari menegaskan reshuffle kabinet adalah hak prerogatif Jokowi dan dia bersyukur bila diberi amanah.

Adapun pendiri Pondok Pesantren Darul Qur'an Yusuf Mansur sebelumnya telah mengklaim Witjaksono akan menjadi menteri investasi. Hal ini terungkap dalam unggahan di akun Instagram resmi @yusufmansurnew.

"Bismillah... Mas Witjaksono... Menteri Investasi... Aamiiiin," tulis Yusuf Mansur.


[Gambas:Instagram]



Witjaksono adalah Ketua Umum Serikat Nelayan Nahdlatul Ulama (NU), badan otonom resmi organisasi tersebut.

Ia menyebut dari 110 juta warga NU, 60 persennya tinggal di wilayah pesisir. Witjaksono diamanahi Ketua Umum Pengurus Besar Nadhlatul Ulama KH Said Aqil Siroj untuk menyejahterakan 60 persen warga NU tersebut.

Ia lahir di Pati, November 1981. Witjaksono merupakan pengusaha muda Indonesia yang memiliki puluhan perusahaan. Ia berhasil membawa dua perusahaan yang didirikannya go public, yaitu PT DPUM Tbk dan PT DAJK, Tbk.

Witjaksono juga aktif di Ikatan Alumni Universitas Diponegoro. Ia juga mendirikan Indonesia Milenial Institute dan tercatat sebagai Ketua Dewan Pembina Asosiasi Pemuda Maritim Indonesia.

Berita selengkapnya >>> Klik di sini


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Beredar Nama Calon Menteri Investasi: Bahlil, Ahok, dan Lutfi


(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading