Gokil Vietnam! Mobil Nasionalnya Tambah Pabrik Mobil Baru

News - Tito Bosnia, CNBC Indonesia
18 April 2021 20:17
VinFast LUX SA2.0. (Getty Images For VinFast/Thierry Chesnot)

Jakarta, CNBC Indonesia - Konglomerat terbesar Vietnam, Vingroup akan mendirikan pabrik mobil Vinfast kedua di negara tersebut, menurut dokumen yang diserahkan ke otoritas lokal. Vinfast  merupakan produsen mobil nasional yang jadi kebanggaan Vietnam.

Dilansir dari Reuters, Minggu (18/4/21), konstruksi pabrik yang direncanakan berada di sebidang tanah seluas 3.700 hektare di Provinsi Tengah Utara Ha Tinh, dikembangkan oleh unit properti Vingroup yakni Vinhomes yang nantinya akan menampung pabrik mobil baru dan fasilitas pendukung lainnya.

Berita terkait ekspansi tersebut datang usai sumber mengatakan kepada Reuters bahwa Vinfast, pabrikan mobil domestik pertama Vietnam sedang mempertimbangkan untuk menggelar penawaran umum saham perdana (Initial Public Ooffering/IPO) di Amerika Serikat dengan target dana yang diraih senilai US$ 60 miliar.


Pernyataan salah satu sumber menyebut, pabrik baru tersebut nantinya digunakan untuk memproduksi, merakit mobil dan suku cadang.

"Pemerintah lokal dan Vinhomes berencana melakukan pertemuan dan bekerjasama dalam waktu dekat untuk menyelesaikan rencana tersebut," ujar salah seorang pejabat lokal di Ha Tinh.

Vinfast menjadi pabrikan mobil domestik pertama di Vietnam dan didapuk sebagai mobil bertenaga bensin pertama yang dibuat oleh internal perusahaan yang diluncurkan ke publik pada tahun 2019.

Perusahaan menjual sekitar 30 ribu unit kendaraan pada tahun 2020 dan memproyeksikan penjualan lebih dari 45 ribu unit di tahun ini.

Perusahaan juga berencana untuk memulai produksi mobil kendaraan listrik di pabriknya di Kota Pelabuhan Utara Hai Phong, dengan rencana pengiriman domestik di dalam negeri dilakukan pada Desember tahun ini.

Foxconn Taiwan menurut sumber, disebut sedang melakukan pembicaraan tahap awal dengan Vinfast mengenai kemitraan untuk pengembangan kendaraan listrik.


[Gambas:Video CNBC]

(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading