Ukraina Vs Rusia Memanas, Kapal Perang Inggris Turun Gunung!

News - Yuni Astutik, CNBC Indonesia
18 April 2021 11:30
The Union flag flies at half mast over Buckingham Palace in London, Friday, April 9, 2021. Buckingham Palace officials say Prince Philip, the husband of Queen Elizabeth II, has died. He was 99. (AP Photo/Alastair Grant)

Jakarta, CNBC Indonesia - Kapal perangĀ Inggris akan berlayar ke Laut Hitam pada, Mei 2021, di tengah meningkatnya ketegangan antara Ukraina dan Rusia. Demikian disampaikan sumber Reuters yang juga seorang perwira senior angkatan laut.

Melansir Reuters, Minggu (18/4/2021), pengerahan kapal itu bertujuan untuk menunjukkan solidaritas dengan Ukraina dan sekutu NATO.

Sebuah kapal Tipe 45 yang dilengkapi dengan misil anti serangan udara dan fregat Tipe 23 anti serangan kapal selam akan meninggalkan kelompok tugas kapal induk Angkatan Laut di Mediterania dan menuju ke Laut Hitam melalui Bosphorus.

Kemudian jet tipe RAF F-35B Lightning stealth dan helikopter pemburu akan berjaga-jaga dalam regu penugasan kapal induk HMS Queen Elizabeth, untuk mendukung kapal perang di Laut Hitam.




Ketegangan antara Moskow dan Kyiv telah meningkat di tengah penumpukan pasukan Rusia di sepanjang perbatasan dan bentrokan di timur Ukraina antara tentara dan separatis pro-Rusia.

Pejabat di Kementerian Pertahanan Inggris tidak dapat dihubungi untuk dimintai komentar. Seorang juru bicara kementerian mengatakan bahwa pemerintah Inggris bekerja sama dengan Ukraina untuk memantau situasi dan terus meminta Rusia untuk menurunkan ketegangan.

"Inggris dan sekutu internasional kami tak tergoyahkan dalam mendukung kedaulatan dan integritas teritorial Ukraina," kata juru bicara itu.


[Gambas:Video CNBC]

(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading