Cairkan THR, 'Jalan Ninja' Pemerintah Kejar Ekonomi Tumbuh 7%

News - Lidya Julita Sembiring, CNBC Indonesia
14 April 2021 04:20
Ilustrasi Mal Pondok Indah. (CNBC Indonesia/Andrean Kristianto)

Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah menargetkan pertumbuhan ekonomi kuartal II-2021 bisa tumbuh 7% agar di akhir tahun bisa mencapai level 5%.

"Jika kita ingin mencapai pertumbuhan ekonomi 2021 masih 5%, maka di Kuartal II minimal 6,7% sampai 7%. Itu minimal," ujar Sesmenko Bidang Perekonomian RI, Susiwijono Moegiarso dalam program Power Lunch seperti dikutip Rabu (14/4/2021).

"Artinya untuk mencapai ke angka itu perlu usaha bersama kita untuk mendorong pertumbuhan ekonomi di kuartal II," imbuhnya.


Menurutnya, berbagai langkah dilakukan Pemerintah untuk mendorong perekonomian di kuartal II. Salah satunya dengan memberikan Tunjangan Hari Raya (THR) full kepada PNS.

Selain itu, Pemerintah pun mewajibkan perusahaan swasta juga memberikan THR full kepada pekerjanya. Diharapkan uang THR ini bisa mendorong spending masyarakat yang lebih besar lagi sehingga terjadi kenaikan di konsumsi Rumah Tangga yang merupakan motor penggerak utama perekonomian Nasional.

"THR ini kita dorong betul untuk meningkatkan daya beli dari masyarakat," kata dia.


Selanjutnya, Pemerintah juga melakukan kegiatan hari belanja nasional sepekan sebelum hari Raya Idul Fitri. Diharapkan langkah ini benar-benar bisa meningkatkan belanja masyarakat terutama dari uang THR.

"H-7 atau H-5 kita bikin harbolnas untuk mendorong spending masyarakat untuk membantu pertumbuhan ekonomi di kuartal II sehingga sebelum Ramadhan, baik ASN maupun karyawan swasta mempunyai daya beli dan diharapkan berbelanja," tegasnya.

Halaman Selanjutnya >> Ada Potensi Tambahan Konsumsi Rp 215 Triliun

Ada Potensi Tambahan Konsumsi Rp 215 Triliun
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading