10 Orang Terkaya RI & Hartanya, Ada Bos Kamu?

News - Lidya Julita Sembiring, CNBC Indonesia
11 April 2021 07:47
Peter F Gontha memberi piagam kepada Theodore Permadi Rachmat atau yang lebih dikenal dengan TP Rachmat saat meraih pemenang CNBC Indonesia Awards Lifetime Achievement. (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)

10. Djoko Susanto

Djoko Susanto menjadi orang terkaya nomor 10 di Indonesia dan 1.833 di dunia sama dengan Mochtar Riady dan Theodore Rachmat. Total kekayaannya saat ini US$ 1,7 miliar atau Rp 25,5 triliun.

Kekayaan Djoko Susanto naik tajam dibandingkan dengan tahun 2020 yang tercatat US$ 1,2 miliar atau Rp atau Rp 18 triliun.

Djoko diketahui sebagai pendiri industri ritel yakniAlfamart yang saat ini memiliki lebih dari 16.000 gerai di seluruh Indonesia.

9. Mochtar Riady dan Keluarga

Mochtar Riady berada di posisi ke-9 sebagai orang terkaya di Indonesia. Kekayaannya tahun ini tercatat US$ 1,7 miliar atau Rp 25,5 triliun.

Adapun kekayaan pria berusia 91 tahun ini tidak bertambah maupun berkurang atau stagnan dari tahun lalu. Dan saat ini ia menjadi orang terkaya nomor 1.833 di dunia.

Saat ini perusahaannya dijalankan oleh anaknya James dan Stephen. Ia memiliki sejumlah usaha dari real estate, ritel, kesehatan, media serta pendidikan. Cucunya John kini menjalankan e-commerce MatahariMall. Ia juga menjalankan bisnis digital bank, Bank Nobu. John Riady juga menjadi CEO PT Lippo Karawaci Tbk (LPKR).

8. Theodore Rachmat

Theodore Rachmat adalah orang terkaya Indonesia di posisi kedelapan dan 1.833 di dunia. Total kekayaannya di tahun ini tercatat US$ 1,7 miliar atau Rp 25,5 triliun.

Kekayaannya naik dibandingkan dengan tahun lalu yang tercatat US$ 1,2 miliar atau Rp 18 triliun.

Theodore Rachmat adalah pengusaha pendiri Triputra group pada tahun 1998 lalu. Ia saat ini memiliki bisnis dibidang agribisnis, manufaktur dan pertambangan.

Ia diketahui memilki saham minoritas di Adaro Energy, dimana ia menjabat sebagai Wakil Presiden Komisaris. Sedangkan, putranya Ariano adalah Wakil Presiden Direktur dan Wakil CEO Adaro Energy.

7. Jerry Ng

Posisi ketujuh orang terkaya di Indonesia dan 1.249 dunia dipegang oleh Jerry Ng. Ia merupakan miliarder yang baru masuk di daftar orang terkaya dunia di tahun ini.

Total kekayaanya saat ini tercatat US$ 2,5 miliar atau Rp 37,5 triliun.

Jerry Ng dikenal sebagai bankir veteran yang berpengalaman lebih dari tiga dekade dan mendapatkan pundi-pundinya melalui saham di Bank Jago.

Bank Jago sebelumnya dikenal dengan bank Artos yang telah diakuisis olehnya pada Desember 2019 lalu dan saat ini bertransformasi menjadi bank digital.

Jerry Ng sebelumnya pernah menjadi pejabat di Bank Danamon dan Bank Central Asia. Kemudian hingga Februari 2019 menjabat sebagai Direktur Utama di Bank BTPN.


6. Eddy Kusnadi Sariaatmadja

Posisi keenam orang terkaya di Indonesia diisi oleh Eddy Kusnadi Sariaatmadja dengan total kekayaan US$ 3 miliar atau Rp 45 triliun.

Eddy Kusnadi adalah pendiri salah satu perusahaan media di Indonesia yakni grup Emtek pada tahun 1983 lalu. Pada tahun 2020 lalu, ia sempat terdepak dari daftar orang terkaya di dunia dan pada tahun ini kembali lagi.

Total kekayaan pria berusia 67 tahun ini naik signifikan dibandingkan dengan tahun 2019 lalu yang tercatat US$ 1,3 miliar atau Rp 19,5 triliun.

Grup Emtek diketahui menaungi tiga stasiun televisi yakni SCTV, Indosiar dan O Channel. Saat ini anaknya Alvin Sariaatmadja menjabat sebagai Presiden Direktur Emtek grup.

Emtek juga menjalin kerjasama dengan Alibaba's Ant Financial untuk sistem pembayaran digital di Indonesia.

Halaman 3>>

HALAMAN :
1 2 3
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading